• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMPLB TPA JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Fitri Wulandari_1.pdf (98.62Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Fitri Wulandari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan kerikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dalam pembelajaran matematika di SMPLB itu tidak harus mengikuti semua yang telah ditetapkan oleh pemerintah tapi dalam proses penerapannya harus disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Penerapan KTSP di SMPLB bisa dikatakan kurang maksimal karena memang tidak ada suatu aturan khusus yang menjadi acuan bagi guru karena aturan-aturan dari pemerintah selalu mengacu pada pendidikan biasa, jadi untuk menerapkan suatu KTSP di SMPLB itu harus dilakukan banyak modifikasi. Secara umum dari hasil penelitian diperoleh bahwa kesesuaian kurikulum yang diterapkan di SMPLB-A dan SMPLB-B berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) tidak sama, SMPLB-A menerapkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dalam pembelajaran matematika hanya sekitar 67,22% yaitu dengan kategori cukup untuk tingkat kesesuaiannya, sedangkan persentase untuk SMPLB-B dalam menerapkan KTSP pada pembelajaran matematika mencapai 82% dan ini dikategorikan baik. Dengan demikian penerapan KTSP di SMPLB-A cukup sesuai dan penerapan KTSP di SMPLB-B sudah sesuai. Dari penelitian yangtelah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: a) Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMPLB TPA Jember terkait dengan standar isi, standar prose, dan standar penilaian secara umum telah diterapkan, namun dalam proses penerapannya ada modifikasi yang dilakukan oleh guru untuk menyesuaikan dengan kondisi siswa. b) kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan KTSP adalah tidak ada standar baku untuk SMPLB, kurangnya media pembelajaran, kurangnya motivasi belajar siswa, pengawas pendidikan yang ada bukan dari orang yang paham PLB. c) kesesuaian KTSP di SMPLB-A cukup dengan persentase 67,22% sedangkan di SMPLB-B kesesuaiannya baik dengan persentase 82%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11959
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository