Show simple item record

dc.contributor.authorArvian Tikarisnandya
dc.date.accessioned2013-12-24T02:43:09Z
dc.date.available2013-12-24T02:43:09Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM080210192019
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11956
dc.description.abstractPelajaran fisika merupakan pelajaran sains yang dapat mengembangkan kemampuan berfikir analitis dengan menggunakan berbagai peristiwa alam dan penyelesaian masalah baik secara kualitatif maupun kuantitatif serta dapat mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap percaya diri. Observasi awal di kelas VIII-G SMP Negeri 4 Jember ketuntasan hasil belajar fisika siswa secara klasikal hanya tercapai 30%, yaitu 9 siswa dari 30 siswa di kelas VIII-G yang mencapai skor ≥ 75 dari skor maksimal 100. Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar fisika di kelas VIII-G masih tergolong rendah dan tidak sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang di tetapkan SMPN 4 Jember. Sebagian besar siswa di kelas VIII-G minat membaca siswa sangat rendah sehingga pemahaman materinya kurang serta masih belum memiliki gambaran tentang materi yang akan di ajarkan oleh guru dan kemampuan siswa dalam merepresentasikan konsep gambar maupun grafik masih banyak yang belum dimengerti. Permasalahan yang di alami kelas VIII-G, maka perlu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative tipe CIRC berbasis multirepresentasi. Model ini merupakan model pembelajaran yang mengintegrasikan suatu bacaan dengan mengkomposisikan bagian – bagian penting dan mendiskusikan secara berkelompok seperti saling membaca, menemukan ide pokok, saling merevisi, menuliskan hasil diskusi, mempresentasikan hasil diskusi dan memberikan penguatan secara representasi verbal, matematik, gambar maupun grafik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) meningkatkan representasi verbal fisika siswa, (2) meningkatkan representasi matematik fisika siswa, (3) meningkatkan representasi gambar fisika siswa,(4) meningkatkan representasi grafik fisika siswa, (5) meningkatkan hasil belajar fisika siswa melaui penerapan model pembelajaran cooperative tipe CIRC berbasis multirepresentasi. Penelitian ini diterapkan pada semeseter genap tahun ajaran 2012/2013 pada pokok bahasan gaya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif komparatif. Prosentase ketuntasan hasil belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa antara pembelajaran pada pra siklus, siklus 1, siklus 2 dan siklus 3. Analisis data pada siklus 1 menunjukan bahwa kemampuan multirepresentasi fisika siswa kelas VIII-G telah mengalami peningkatan. Prosentase peningkatan ketuntasan hasil belajar fisika dari pra siklus sebesar 33,33% dan pada siklus 1 menjadi 60% namun masih belum dapat dikatakan tuntas karena masih belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal yaitu ≥75%. Prosentase ketuntasan hasil belajar pada siklus 2 juga mengalami peningkatan dari 60% pada siklus 1 menjadi 83,33% pada siklus 2. Siklus 2 ini sudah dapat dikatakan tuntas karena prosentase kriteria ketuntasan minimal ≥75%. Siklus 2 2 ini sudah sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal maka telah di adakan siklus 3 yaitu siklus pemantapan menggunakan model pembelajaran CIRC berbasis multirepresentasi dengan prosentase ketuntasan hasil belajar 86,67% dan dihitung dengan N-gain sebesar 0,67 tergolong peningkatan dalam kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Peningkatan representasi verbal fisika siswa di kelas VIII-G dalam kategori sedang, (2) peningkatan representasi matematik fisika siswa kelas VIII-G dalam kategori tinggi, (3) peningkatkan representasi gambar fisika siswa kelas VIII-G dalam kategori sedang, (4) peningkatkan representasi grafik fisika siswa kelas VIII-G dalam kategori sedang, (5) peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas VIII-G peningkatanya dalam kategori sedang.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210192019;
dc.subjectModel Pembelajaran Cooperativeen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe CIRC Berbasis Multirepresentasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII-G Di SMP Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record