• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Perceived Organizational Support dan Self Efficacy terhadap Organizational Citizenship Behavior Karyawan dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening pada BNI Kantor Cabang Utama Jember

    Thumbnail
    View/Open
    LIDIA ALFI ANISA_200810201052.pdf (1.226Mb)
    Date
    2023-12-27
    Author
    ANISA, Lidia Alfi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Zaman dan teknologi yang berkembang semakin dinamis menimbulkan tantangan di sektor perbankan. Oleh karena itu, dibutuhkan SDM yang siap melaksanakan tugas melalui perilaku citizenship. Realitanya perilaku citizenship karyawan BNI KCU yaitu belum optimal. Hal tersebut dipengaruhi oleh perceived organizational support (POS), self efficacy, dan kepuasan kerja yang dirasakan karyawan. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian disusun guna menguji dan menganalisis pengaruh Perceived Organizational Support dan Self Efficacy terhadap Organizational Citizenship Behavior Karyawan dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening pada BNI Kantor Cabang Utama Jember. Populasi pada penelitian ini yaitu Karyawan BNI Kantor Cabang Utama (KCU) Jember sebanyak 125 karyawan. Penggunaan teknik pengambilan sampel simple random sampling memakai rumus Slovin diperoleh sampel 95 responden. Penelitian ini memakai data primer melalui observasi, kuisioner, dan wawancara. Sedangkan untuk data sekunder didapatkan dari buku, jurnal, website resmi www.bni.co.id, dan studi pustaka Metode analisis penelitian Partial Least Square. Salah satu dukungan atasan melalui perhatian keluhan bawahan. Dukungan atasan harus berdampak baik bagi seluruh karyawan tanpa memandang status pekerjaan. Karyawan bina yang dipromosikan menjadi karyawan tetap berhasil melewati internship dengan baik dari penilaian kompetensi dan komitmen. Ada keterkaitan indikator dukungan atasan POS yang meningkat maka promosi indikator kepuasan kerja Karyawan BNI KCU Jember juga meningkat. Pengaruh signifikan self efficacy membuat kepuasan kerja karyawan BNI KCU Jember meningkat. Ada indikasi keterkaitan indikator level dalam self efficacy yang meningkat maka work sebagai indikator kepuasan kerja Karyawan BNI KCU Jember juga meningkat. POS tidak berpengaruh signifikan terhadap OCB karyawan BNI KCU Jember. Kenyataannya meskipun POS terimplementasi baik, belum bisa meningkatkan OCB karyawan saat ini. Keterkaitan indikator generality self efficacy meningkat, membuat peningkatan OCB karyawan civic virtue. Kemampuan menguasai tugas membuat karyawan berpartisipasi aktif untuk perkembangan perusahaan. Kemudian, keterkaitan indikator rekan kerja kepuasan kerja yang meningkat, hubungan baik rekan kerja OCB karyawan juga meningkat. Kepedulian rekan kerja meningkat, membuat hubungan baik juga meningkat. Keterkaitan promosi indikator kepuasan kerja membuat peningkatan dukungan atasan POS memengaruhi peningkatan altruism OCB karyawan. Keterkaitan indikator generality self efficacy yang meningkat, membuat peningkatan melalui indikator work kepuasan kerja meningkatkan civic virtue sebagai refleksi OCB karyawan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan 1) perceived organizational support (POS) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan BNI Kantor Cabang Utama (KCU) Jember, 2) self efficacy berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan BNI KCU Jember, 3) POS tidak berpengaruh signifikan terhadap organizational citizenship behavior (OCB) karyawan BNI KCU Jember, 4) self efficacy berpengaruh signifikan terhadap OCB karyawan BNI KCU Jember, 5) kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap OCB karyawan BNI KCU Jember, 6) POS berpengaruh signifikan terhadap OCB karyawan BNI KCU Jember melalui kepuasan kerja, dan 7) self efficacy berpengaruh signifikan terhadap OCB karyawan BNI KCU Jember melalui kepuasan kerja.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119565
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12433]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository