• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Kreatif Produser dalam Mempertahankan Program Berita Kuthane Dhewe di Kompas TV Jawa Tengah

    Thumbnail
    View/Open
    RABIAH AL ADAWIYAH (1.511Mb)
    Date
    2023-06-23
    Author
    ADAWIYAH, Rabi'ah Al
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini mengkaji tentang penerapan strategi dan upaya apa saja yang dilakukan produser dalam menyusun dan mengembangkan program berita Kuthane Dhewe. Produser Kuthane Dhewe berperan penuh dalam tindakannya mempertahankan program ini dan menerapkan ide-ide yang efektif dalam menjaga kualitas tayangannya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi kreatif dan upaya yang dilakukan produser dalam mempertahankan proram berita Kuthane Dhewe di Kompas TV Jawa Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Data analisis menggunakan teori agenda setting milik Maxwell McCombs dan Donald L. Shaw; serta elemen strategi kreatif milik Naratama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tahap pelaksanaan produksi, produser Kuthane Dhewe telah mengikuti SOP yang ada, yakni praproduksi, produksi dan pascaproduksi. Seluruh tahapan tersebut tak lepas dari peran produser yang terlibat secara langsung dan menyeluruh. Pada prosesnya, teknik agenda setting diterapkan pada program ini dengan melakukan penyortiran berita yang akan ditayangkan berupa keunikan isu yang diangkat dan ketepatan waktu penayangan konten program. Selain agenda setting, Kuthane Dhewe juga menerapkan 13 elemen strategi kreatif menurut Naratama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hadirnya Kuthane Dhewe Senenan merupakan salah satu bentuk upaya dan inovasi dari produser yang di dalamnya meliputi 12 elemen dari ke-13 elemen strategi kreatif yang ada (kecuali interactive program), namun lebih menekankan pada bahasa naskah, format acara, punching line, gimmick, penataan artistik, dan fashion.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119527
    Collections
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge) [2370]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository