Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education Tema Monumen Palagan Jumerto untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Abstract
Diberikannya permasalahan yang dapat langsung dilihat dan dibayangkan oleh siswa memiliki tujuan agar siswa mudah mengingat materi pembelajaran, mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna, serta menumbuhkan jiwa kreatif dalam menemukan permasalahan matematika lainnya di dunia nyata. Hal tersebut menjadi alasan dikembangkan LKS Matematika dengan pendekatan RME pada penelitian ini. Model penelitian yang digunakan adalah Model Plomp yang memiliki 3 fase yaitu fase penelitian awal, pendesainan, dan penilaian. Pada fase penelitian dilakukan observasi dan wawancara dengan guru matematika pada sekolah dilakukannya penelitian. Berdasarkan data dari tahap sebelumnya, dibuat rancangan desain yang sesuai dengan subjek penelitian. Rancangan desain LKS dan instrumen akan melalui uji validitas oleh 3 validator dengan hasil nilai koefisien korelasi = 0,96. Selanjutnya pada pretest dan posttest diperoleh N-Gain sebesar 76% serta pada Angket respon siswa diperoleh persentase sebesar 83%. Hasil pretest dan posttest masing-masing siswa yang meningkat menandakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa, dengan rata-rata pretest sebesar 50,36 dan posttest sebesar 87,14. LKS matematika ini berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi barisan dan deret aritmatika setelah menggunakan LKS matematika dengan pendekatan RME.