• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom terhadap Hasil Belajar dan Respon Siswa pada Materi Dinamika Gerak Lurus di SMA

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    REPOSITORY_SKRIPSI_MELISA PUTRI FEBRIYANTI_200210102007.pdf (1.303Mb)
    Date
    2024-01-10
    Author
    FEBRIYANTI, Melisa Putri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada abad 21 saat ini, pembelajaran yang awalnya teacher centered, beralih menjadi student centered yang menuntut siswa untuk terlibat aktif. Hasil belajar fisika siswa berada pada kategori pencapaian rendah. Rendahnya hasil belajar fisika siswa sesuai dengan laporan Pusat Penilaian Pendidikan Kemendikbud, pada hasil Ujian Nasional (UN) IPA di Kabupaten Jember yang menyatakan rata-rata mata Pelajaran fisika sebesar 44,73, yang berarti fisika berada pada peringkat rendah jika dibandingkan dengan mata pelajaran IPA lainnya. Rendahnya hasil belajar fisika siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu pemilihan model dan media pembelajaran yang kurang mendukung terhadap materi, sehingga siswa kurang responsif terhadap pembelajarannya. Berdasarkan permasalahan tersebut, penerapan model flipped classroom berbantuan media google classroom dapat dijadikan sebagai bentuk pembelajaran inovatif untuk mendorong siswa berperan aktif. Model dan media tersebut melibatkan siswa untuk belajar mandiri melalui platform google classroom, dan mampu memecahkan masalah saat di pembelajaran di kelas dengan menggunakan pengetahuan yang dipelajari sebelumnya. Tujuan penelitian ini yaitu mengkaji pengaruh model Flipped Classroom berbantuan Google Classroom terhadap hasil belajar siswa dan mendeskripsikan respon siswa terhadap model Flipped Classroom berbantuan Google Classroom pada materi dinamika gerak lurus. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan possttes-only control group design. Penelitian dilakukan pada semester gasar tahun ajaran 2023/2024 di SMA Negeri 3 Jember. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode cluster random sampling dan dilakukan uji homogenitas. Pembelajaran di XI IPA 1 sebagai kelas kontrol menggunakan model yang biasa digunakan oleh guru yaitu PBL, sedangkan di XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen menggunakan model flipped classroom berbantuan google classroom. Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi, tes tertulis, dan angket. Teknik analisis data hasil belajar menggunakan uji independent sample t-test, sedangkan respon siswa menggunakan kriteria skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) pada uji t-test menggunakan SPSS sebesar 0,000 (≤ 0,05). Berdasarkan hipotesis statistik tersebut maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti hasil belajar kelas eksperimen berbeda dengan hasil belajar kelas kontrol .Selain itu, rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 80,71, dan kelas kontrol sebesar 59,32. Hal tersebut menunjukkan bahwa kelas eskperimen yang menggunakan model flipped classroom berbantuan google classroom memperoleh hasil belajar yang lebih besar dibandingkan hasil belajar kelas kontrol menggunakan model yang biasa digunakan. Kemudian, untuk hasil respon siswa kelas eksperimen, diperoleh hasil aspek tanggapan sebesar 82,58% dan aspek reaksi sebesar 83,44%, keduanya berada pada interval 80 ≤ P ≤ 100 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model Flipped Classroom berbantuan Google Classroom terhadap hasil belajar siswa SMAN 3 Jember pada materi dinamika gerak lurus. Kemudian, di dapatkan hasil respon siswa terhadap penerapan model Flipped Classroom berbantuan Google Classroom pada materi dinamika gerak lurus memperoleh tanggapan dan reaksi positif dan termasuk dalam kriteria sangat baik.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119501
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15369]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail