Show simple item record

dc.contributor.authorRAKHMADINA, Arfinda
dc.date.accessioned2024-01-12T07:35:06Z
dc.date.available2024-01-12T07:35:06Z
dc.date.issued2023-11-17
dc.identifier.nim190210101008en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119452
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_januari_2024_11 Finalisasi unggah file repositori tanggal 12 Januari 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractKemampuan numerasi ialah kemampuan memperoleh, menggunakan, menggambarkan dan mengomunikasikan ide matematika untuk menyelesaikan masalah di kehidupan sehari-hari. Hasil PISA tahun 2018 menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Melihat kondisi tersebut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai memberlakukan kurikulum merdeka belajar. Salah satu program dari kurikulum merdeka belajar ini adalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Pelaksanaan AKM dimaksudkan untuk mengukur kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimiliki siswa. Pengembangan soal tes numerasi statistika konteks sosial budaya berbantuan Moodle untuk kelas 11 SMA melalui serangkaian tahapan mulai dari define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Tahap pertama adalah pendefinisan yang bertujuan untuk mendefiniskan permasalahan dan untuk mengetahui kebutuhan serta syaratsyarat pembelajaran. Tahap kedua adalah perancangan yang bertujuan untuk merancang bentuk dasar soal numerasi beserta instrumen-instrumen yang akan digunakan dalam penelitian. Hasil dari tahap perancangan disebut dengan prototipe 1. Tahap ketiga adalah pengembangan yang bertujuan untuk menyempurnakan prototipe 1 sebelum akhirnya menjadi produk final. Kegiatan yang dilakukan adalah validasi ahli dan uji coba produk yang terdiri dari dua tahapan. Pertama, uji coba terbatas untuk menguji keterbacaan butir soal. Kedua, uji coba lapangan untuk mengetahui tingkat reliabilitas, kepraktisan, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal numerasi berbantuan Moodle. Tahap keempat adalah penyebaran bertujuan untuk menyebarluaskan soal berbantuan Moodle yang telah memenuhi kriteria valid, reliabel, dan praktis. Soal numerasi akan disusun berdasarkan konten, konteks, dan level kognitif yang sudah ditetapkan. Konten yang dipilih adalah data dan ketidakpastian dengan subdomain statistika, konteks yang dipilih adalah sosial budaya, dan level kognitif yang ada pada soal sesuai dengan yang terdapat pada AK yairu knowing, applying, dan reasoning. Produk yang dihasilkan berupa soal tes numerasi statistika yang terdiri dari 15 butir soal dengan 4 soal pilihan ganda, 5 soal pilihan ganda kompleks, 2 soal menjodohkan, dan 4 soal uraian. Soal tes ini memuat 3 level kognitif knowing, 8 level kognitif applying, dan 4 level kognitif reasoning. Produk yang dikembangkan dilengkapi dengan kisi-kisi, soal tes, alternatif jawaban, dan pedoman penskoran. Hasil pengembangan diperoleh bahwa soal tes numerasi berbantuan Moodle dinyatakan valid oleh validator dengan skor 3,85 yang berada pada interval . Hasil uji reliabilitas diperoleh nilai 0,781 atau tergolong kategori tingkat reliabilitas tinggi. Hasil analisis daya pembeda menunjukkan bahwa 14 soal memiliki daya pembeda sangat baik dan 1 soal memiliki daya pembeda baik. Tingkat kesukaran setiap butir soal berbeda-beda yaitu 7 soal dengan kategori sulit, 6 soal dengan kategori sedang, dan 2 soal dengan kategori mudah. Hasil uji kepraktisan diperoleh nilai kepraktisan sebesar 77,64%. Nilai tersebut berada pada interval atau jika diinterpretasikan tergolong dalam kategori praktis.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing utama : Susi Setiawani, S.Si., M.Sc. Dosen Pembimbing anggota : Robiatul Adawiyah, S.Pd., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectAsesmen Kompetensi Minimumen_US
dc.subjectKonteks Sosialen_US
dc.subjectMoodleen_US
dc.subjectStatistikaen_US
dc.titlePengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Materi Statistika Konteks Sosial Berbantuan Moodleen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Susi Setiawani, S.Si., M.Sc.en_US
dc.identifier.pembimbing2Robiatul Adawiyah, S.Pd., M.Si.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_januari_2024_11en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record