Show simple item record

dc.contributor.authorNANDIKA, Muhammad Rafli Isla
dc.date.accessioned2024-01-10T03:58:12Z
dc.date.available2024-01-10T03:58:12Z
dc.date.issued2023-12-05
dc.identifier.nim191910701005en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119412
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_januari_2024_8en_US
dc.description.abstractSAR (Search and Rescue) adalah usaha dan kegiatan manusia mencari, menolong, dan menyelamatkan jiwa manusia yang hilang atau dikhawatirkan hilang atau sedang menghadapi bahaya dalam musibah - musibah seperti pelayaran, penerbangan, dan bencana. Badan SAR Nasional adalah lembaga pemerintah yang bergerak di bidang pencarian dan pertolongan (Search and Rescue). Kapal penyelamat (rescue) adalah kapal yang dirancang khusus untuk melakukan penyelamatan dengan cepat dalam situasi darurat saat terdapat insiden di laut, seperti ada seseorang yang tiba - tiba terjatuh ke laut. Tingginya intensitas kegiatan pelayaran, khususnya kegiatan penyeberangan antara Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi dengan Pelabuhan Gilimanuk di Bali tentunya memiliki risiko terjadinya kecelakaan kapal baik itu menyebabkan kebakaran, jatuhnya korban maupun tumpahan minyak yang mencemari ataupun merusak lingkungan laut. Berdasarkan data dari KNKT, selama periode 2018-2022 terjadi sebanyak 108 insiden kecelakaan kapal yang beberapa diantaranya terjadi di area penyeberangan antara Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi dan Pelabuhan Gilimanuk di Bali. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis melakukan penelitian untuk mendesain sebuah kapal penyelamat (rescue) untuk wilayah operasional POS SAR Banyuwangi. Metode desain dalam penelitian ini menggunakan metode parametric design approach dalam menentukan ukuran utama kapal. Setelah itu, dilakukan analisis teknis berupa analisis hambatan kapal, pemilihan main engine, analisis berat kapal, dan analisis stabilitas kapal. Ukuran utama kapal yang telah memenuhi analisis teknis kemudian dibuat desain rencana garis, rencana umum, dan desain 3 dimensi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh desain kapal penyelamat (rescue) dengan ukuran utama LOA = 20m, B = 5m, H = 2,99m, T = 1,60m. Hasil analisis teknis nilai hambatan kapal dengan metode savitsky sebesar 27 kN dan dilakukan pemilihan main engine 2 x 450 hp, light weight tonnage (LWT) sebesar 24,586 ton dan deadweight tonnage (DWT) sebesar 2,086 ton. Hasil analisis stabilitas untuk loadcase 1 nilai dari sudut 0° - 30° sebesar 0,074 m.rad, sudut 30° - 40° sebesar 0,084 m.rad, GZ 30° sebesar 1,8 meter, θ Max sebesar 87,3 deg, GM0 sebesar 0,48 meter. Hasil analisis stabilitas untuk loadcase 2 nilai dari sudut 0° - 30° sebesar 0,070 m.rad, sudut 30° - 40° sebesar 0,080 m.rad, GZ 30° sebesar 1,7 meter, θ Max sebesar 87,3 deg, GM0 sebesar 0,45 meter. Hasil analisis stabilitas untuk loadcase 3 nilai dari sudut 0° - 30° sebesar 0,070 m.rad, sudut 30° - 40° sebesar 0,080 m.rad, GZ 30° sebesar 1,7 meter, θ Max sebesar 87,3 deg, GM0 sebesar 0,44 meter. Hasil desain kapal dalam penelitian ini berupa rencana garis (lines plan), rencana umum (general arrangements), dan desain model kapal tiga dimensi.en_US
dc.description.sponsorshipRudianto, S.T., M.T. ; Hery Indria Dwi Puspita, S.Si., M.T.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Tekniken_US
dc.subjectSearch and Rescueen_US
dc.subjectKapal Rescueen_US
dc.subjectDesain Kapalen_US
dc.titleDesain Kapal Penyelamat (Rescue) Untuk Wilayah Operasional Pos Sar Banyuwangien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiTeknik Konstruksi Perkapalanen_US
dc.identifier.pembimbing1Rudianto, S.T., M.T.en_US
dc.identifier.pembimbing2Hery Indria Dwi Puspita, S.Si., M.T.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_januari_2024_8en_US
dc.identifier.finalizationTeddyen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record