Show simple item record

dc.contributor.authorPUTRA, Mukhamad Teguh Cayana
dc.date.accessioned2024-01-10T03:56:55Z
dc.date.available2024-01-10T03:56:55Z
dc.date.issued2023-12-11
dc.identifier.nim191910701006en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119411
dc.description.abstractMerujuk pada laporan tahunan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), bahwa dalam delapan tahun terakhir (2015 – 2022) terjadi peningkatan jumlah yang cukup besar kecelakaan kerja setiap tahunnya. Salah satu industri pembuatan kapal terpercaya di Indonesia, PT. PAL Indonesia (Persero), telah banyak mengalami kecelakaan kerja yang terjadi di proses membangun kapal baru mereka. Oleh karena itu, risiko keselamatan dan kesehatan kerja analisis termasuk pengendalian tersebut diperlukan. Dalam penelitian ini dilakukan analisis risiko kecelakaan kerja dilakukan di 3 bagian bengkel produksi Hull Construction, yaitu perakitan Jalur Panel Utama, perakitan Jalur Blok Kurva, dan Ereksi. . Itu Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Hazard and Operaability Study (HAZOP). HAZOPnya Metode ini digunakan untuk menganalisis penyimpangan, akar penyebab, dampak dan usulan perbaikan tindakan. Hasil penelitian mengidentifikasi terdapat 63 kejadian risiko yang termasuk 16 risiko kecelakaan dari Jalur Panel Utama Perakitan, 20 risiko kecelakaan dari Jalur Blok Kurva Perakitan, dan 27 risiko kecelakaan akibat Ereksi. Kuesioner adalah dibuat untuk mengungkapkan nilai risiko berdasarkan matriks risiko. Terdapat 6% risiko dalam kategori rendah, 39% risiko berada pada kategori sedang, 33% risiko berada pada kategori tinggi, dan 22% risiko berada pada kategori sedang kategori ekstrim. Kemudian dilanjutkan dengan pengendalian risiko kecelakaan kerja, termasuk dengan melakukan pembicaraan pagi yang aman tentang bahaya dan risiko, menekankan pada setiap pekerja untuk menggunakannya APD yang sesuai dengan meja kerjanya, menyediakan air minum yang cukup di area kerja, memeriksa alat kerja sebelum digunakan, dan menyediakan APAR di berbagai titik untuk pemadaman kebakaran dan menghilangkan sumber bahaya seperti menghilangkanen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Tekniken_US
dc.subjectKesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)en_US
dc.subjectResiko kecelakaan kerjaen_US
dc.subjectHAZOPen_US
dc.titleAnalisis Risiko Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada Proses Pembangunan Kapal Menggunakan Hazard And Operability Studyen_US
dc.typeTesisen_US
dc.identifier.prodiTeknik Konstruksi Perkapalanen_US
dc.identifier.pembimbing1R. Puranggo Ganjar Widityo, S.T., M.T.en_US
dc.identifier.pembimbing2Hery Indria Dwi Puspita, S.Si., M.T.en_US
dc.identifier.validatorTeddyen_US
dc.identifier.finalizationTeddyen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record