Show simple item record

dc.contributor.authorRIYANTO, Niela Kandi
dc.date.accessioned2024-01-08T05:31:34Z
dc.date.available2024-01-08T05:31:34Z
dc.date.issued2023-11-21
dc.identifier.nim190210301100en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119390
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 8 Januari 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractRendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik mendorong perlunya solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Hal ini ditandai dengan kurangnya partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran dan kurangnya kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan yang membutuhkan kemampuan analisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara model pembelajaran PjBL dengan model pembelajaran STAD di SMAN Umbulsari, penelitian ini tergolong penelitian eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMAN Umbulsari, sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa dengan sampel kelas X2 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model PjBL dan kelas X4 sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran STAD. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kemampuan berpikir kritis peserta didik pada penelitian ini diukur dengan menggunakan instrumen tes essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara model pembelajaran PjBL dengan model pembelajaran STAD yang diinterpretasikan dari hasil uji independent sample t-test dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,006. Dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi < 0,05 yang membuktikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara model pembelajaran PjBL jika dibandingkan dengan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran ekonomi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Project Based Learningen_US
dc.subjectModel Cooperative Learning Tipe STADen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritisen_US
dc.titlePerbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Antara Model Pembelajaran Pjbl dengan Model Cooperative Learning Tipe STAD (Studi Kasus Pada Materi Kegiatan Ekonomi Kelas X di SMAN Umbulsari)en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Ekonomien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Hety Mustika Ani, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Titin Kartini, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorrevaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record