Pengaruh Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Properti
Abstract
Jumlah penduduk di Indonesia yang semakin meningkat setiap tahunnya, hal ini berdampak pada kebutuhan masyarakat, salah satunya adalah perumahan yang layak huni. Pemerintah menginisiasi dengan membuat program KPR bersubsidi bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan finansial atau dikenal dengan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Salah satu pengembang perumahan subsidi di Kabupaten Lumajang adalah PT Bintang Indonesia Sentosa Lumajang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen produk properti PT Bintang Indonesia Sentosa Lumajang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pembeli yang menempati rumah di Perumahan Subsidi D'Green Hasanah Tahap 1 dan D'Green Hasanah Tahap 2 (The Amarta). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik sampling jenuh, dan diperoleh hasil dari 100 sampel yang valid. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa produk secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, harga secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, dan promosi secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Sedangkan secara simultan, produk, harga dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen produk properti PT Bintang Indonesia Sentosa Lumajang.