Pengaruh Model Inkuiri Terhadap Karakter Gotong-Royong Mata Pelajaran PPKn Unit 3 Siswa Kelas IV SDN Blindungan 1 Bondowoso
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model inkuiri terhadap karakter gotong-royong mata pelajaran PPKn unit 3 siswa kelas IV SDN Blindungan 1 Bondowoso. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan desain non-equivalent control group yang menggunakan pola eksperimen semu atau quasy experiment. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara, dokumentasi, dan angket skala sikap. Hasil perhitungan uji t menggunakan bantuan SPSS versi 22, nilai thitung diperoleh 5.525 maka ttabel pada taraf signifikansi 5% menunjukkan angka 2.008, sehingga nilai thitung lebih besar dari ttabel (5.525 > 2.008). Hasil uji keefektifan relatif diperoleh sebesar 43% yang termasuk keefektifan sedang, artinya penggunakan model inkuiri lebih efektif 43% dibandingkan penggunaan model kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan model inkuiri terhadap karakter gotong-royong mata pelajaran PPKn unit 3 siswa kelas IV SDN Blindungan 1 Bondowoso dengan tingkat keefektifan relatif sebesar 43%.