Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar HOTS Siswa Kelas V SDN Jelbuk 01 Jember
Abstract
Model pembelajaran merupakan pola yang digunakan untuk melaksanakan suatu pembelajaran.Model pembelajaran Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang menyuguhkan permasalahan nyata sebagai konteks agar siswa mampu berfikir kritis dalam memecahkan permasalahan.Hasil belajar siswa pada dasarnya menggambarkan tingkat keberhasilan seorang siswa dalam suatu hal dalam pembelajaran. Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran PBL Berbantuan video animasi terhadap hasil belajar HOTS.Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran.Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes berupa soal pilihan ganda pada pre-test dan post-test pada ranah kognitif.Pengembangan instrumen tes meliputi tes validitas instrumen, uji reliabilitas, indeks daya pembeda, dan tes indeks tingkat kesulitan instrumen. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, t-test dan tes efektivitas relatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran PBL Berbantuan video animasi. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai posttest siswa kelas eksperimen sebesar 87,40 sedangkan kelas kontrol sebesar 77,69. Pembelajaran siswa hasil yang diperoleh di kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran PBL Berbantuan video animasi menunjukkan efektivitas yang lebih besar yaitu 63,3%.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL Berbantuan video animasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar HOTS siswa kelas V SDN Jelbuk 01 Jember