• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar HOTS Siswa Kelas V SDN Jelbuk 01 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Bagi DOC-20240103-WA0050..pdf (1.731Mb)
    Date
    2023-11-09
    Author
    Nengsih, Ima
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Model pembelajaran merupakan pola yang digunakan untuk melaksanakan suatu pembelajaran.Model pembelajaran Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang menyuguhkan permasalahan nyata sebagai konteks agar siswa mampu berfikir kritis dalam memecahkan permasalahan.Hasil belajar siswa pada dasarnya menggambarkan tingkat keberhasilan seorang siswa dalam suatu hal dalam pembelajaran. Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran PBL Berbantuan video animasi terhadap hasil belajar HOTS.Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran.Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes berupa soal pilihan ganda pada pre-test dan post-test pada ranah kognitif.Pengembangan instrumen tes meliputi tes validitas instrumen, uji reliabilitas, indeks daya pembeda, dan tes indeks tingkat kesulitan instrumen. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, t-test dan tes efektivitas relatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran PBL Berbantuan video animasi. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai posttest siswa kelas eksperimen sebesar 87,40 sedangkan kelas kontrol sebesar 77,69. Pembelajaran siswa hasil yang diperoleh di kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran PBL Berbantuan video animasi menunjukkan efektivitas yang lebih besar yaitu 63,3%.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL Berbantuan video animasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar HOTS siswa kelas V SDN Jelbuk 01 Jember
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119364
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15469]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository