Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card Berbasis Kearifan Lokal Jember pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Bab 3 untuk Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Kurikulum merdeka belajar ini tidak membatasi konsep suatu pembelajaran
yang dilaksanakan di sekolah maupun di luar sekolah, dan memberikan tuntutan
kepada guru untuk memberikan keimajinatifan dalam melaksanakan pembelajaran,
sehingga untuk memberikan kelancaran pada kegiatan mengajar memerlukan alat
bantu, yaitu media ajar.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara terhadap guru kelas IV,
Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember pada hari Senin, 7 Agustus 2023
ditemukan beberapa permasalahan yaitu pemanfaatan media di sekolah masih belum
maksimal, kurangnya pemahaman peserta didik terhadap lingkungan sekitar, dan
minimnya pengenalan kearifan lokal kepada peserta didik. Media pembelajaran yang
dipakai masih cenderung menggunakan video dari YouTube, kebanyakan peserta
didik juga tidak mengetahui kearifan lokal yang ada di Jember.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimanakah proses
pengembangan media pembelajaran flash card berbasis kearifan lokal Jember pada
mata pelajaran PPKn bab 3 kelas IV di SDN Karangrejo 02 dan bagaimanakah hasil
validitas, efektifitas, dan kepraktisan pengembangan media flash card berbasis
kearifan lokal Jember pada mata pelajaran PPKn bab 3 kelas IV di SDN Karangrejo
02. Tujuan pada penelitian ini yaitu mendeskripsikan proses pengembangan flash
card berbasis kearifan lokal Jember pada mata pelajaran PPKn bab 3 kelas IV di SDN
Karangrejo 02 dan mengetahui hasil validitas, efektifitas, dan kepraktisan
pengembangan flash card berbasis kearifan lokal Jember pada mata pelajaran PPKn
bab 3 kelas IV di SDN Karangrejo 02.
Jenis penelitian yang dipakai yaitu penelitian pengembangan Borg and Gall
yang terdiri dari 8 tahapan yaitu: 1) penelitian pendahuluan melalui 3P; 2)
perencanaan pengembangan produk; 3) pengembangan desai awal produk; 4) validasi
desain prouk; 5) revisi desain produk awal; 6) uji coba penggunaan; 7) revisi produk
pengembangan; dan 8) uji coba keefektivan produk. Penelitian ini dilakukan di
Sekolah Dasar Negeri Karangrejo 02 Jember pada semester ganjil Tahun Ajaran
2023/2024. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru di SDN Karangrejo 02
Jember. Subjek penelitian pada penelitian ini, yakni peserta didik kelas IV SDN
Karangrejo 02 Jember yang berjumlah 27.
Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran
flash card berbasis kearifan lokal Jember sangat layak digunakan dalam
pembelajaran. Hal tersebut sesuai dengan hasil validasi yang memperoleh skor
sebesar 90,5% kategori sangat layak. Hasil keefektifan memperoleh skor 88,8%
kategori sangat efektif. Hasil kepraktisan diperoleh hasil skor 88,37% kategori sangat
praktis.
Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran flash card
berbasis kearifan lokal Jember pada mata pelajaran PPKn bab 3, dapat disimpulkan
bahwa media flash card sangat layak, sangat efektif, dan sangat praktis digunakan
dalam proses pembelajaran. Adapun saran Bagi peserta didik, pembelajaran
menggunakan media flash card berbasis kearifan lokal Jember dapat menjadikan
pembelajaran yang menyenangkan, dan memudahkan peserta didik dalam mengetahui
kearifan lokal yang ada di Kabupaten Jember. Oleh karena itu, disarankan peserta
didik untuk belajar lebih baik lagi agar dapat mencapai hasil belajar yang diinginkan.
Bagi guru, disarankan dapat mengembangkan sebuah media flash card berbasis
kearifan lokal Jember sebagai materi pembelajaran yang berguna bagi peserta didik
kedepannya. Bagi peneliti lain, hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan
pertimbangan untuk melakukan pengembangan produk yang lebih kreatif dan inovatif
dengan menggunakan materi yang berbeda.