Show simple item record

dc.contributor.authorAnis Maftuha
dc.date.accessioned2013-12-24T02:36:35Z
dc.date.available2013-12-24T02:36:35Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM070210101104
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11933
dc.description.abstractPenggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Selain membangkitkan motivasi dan minat siswa, media pembelajaran juga dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman, menyajikan data dengan menarik dan terpercaya, memudahkan penafsiran data, dan memadatkan informasi. Hal ini dapat digunakan oleh guru untuk mengakrabkan matematika dengan lingkungan anak dan menciptakan suasana pembelajaran yang menarik, berkualitas, dan membuat siswa tertantang untuk berhasil. Selain dengan menggunakan media, dapat juga dengan menerapkan metode pembelajaran yang baik. Salah satu metode pembelajaran yang mengubah berbagai interaksi di dalam pembelajaran adalah Quantum Learning. Pengembangan media pembelajaran matematika ini telah memenuhi beberapa kriteria, antara lain: menarik, dinamis, interaktif, variasi tampilan pengembangan, Quantum Learning, dan bahasa. Penelitian ini dilaksanakan di laboratorium SMP Negeri 1 Jember pada tanggal 10 Agustus 2011. Dalam penelitian ini, pakar teknologi informasi dan komunikasi pakar pendidikan, guru, serta siswa memberikan penilaian terhadap media pembelajaran yang telah dihasilkan oleh peneliti. Selain penilaian yang disajikan dalam bentuk angket, peneliti juga melakukan wawancara untuk mendapatkan data tentang tanggapan informan mengenai hasil media pembelajaran viii matematika bilingual berbasis web dan Quantum Learning pada sub pokok bahasan Kubus dan Balok SMP Kelas VIII Semester Genap. Penelitian ini menghasilkan sebuah media pembelajaran matematika yang menggunakan website dan disajikan dalam dua bahasa yang memadukan unsur seni dan pencapaian yang terarah serta memberikan sugesti positif. Hal ini berdasarkan hasil angket yang telah didapat, antara lain: pada tahap evaluasi oleh pakar teknologi informasi dan komunikasi adalah 77,92% (kualifikasi baik), tahap evaluasi oleh pakar pendidikan 91,75% (kualifikasi sangat baik), tahap penilaian dan tanggapan dari guru matematika SMP 85,94% (kualifikasi baik), ujicoba produk oleh siswa SMP 82,65% (kualifikasi baik). Kesimpulan dari hasil analisis data dan pembahasan bahwa pengembangan media pembelajaran matematika bilingual berbasis web dan Quantum Learning ini telah layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini terlihat dari hasil angket yang diperoleh, yang menunjukkan bahwa media pembelajaran ini telah memiliki kualifikasi baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210101104;
dc.subjectMedia Pembelajaran Matematika Bilingual Berbasis Weben_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Matematika Bilingual Berbasis Web dan Quantum Learning Pada Sub Pokok Bahasan Kubus dan Balok SMP Kelas VIII Semester Genapen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record