Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Bilingual Berbasis Web dan Quantum Learning Pada Sub Pokok Bahasan Kubus dan Balok SMP Kelas VIII Semester Genap
Abstract
Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat
membangkitkan keinginan dan minat baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan
kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap
siswa. Selain membangkitkan motivasi dan minat siswa, media pembelajaran juga
dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman, menyajikan data dengan menarik
dan terpercaya, memudahkan penafsiran data, dan memadatkan informasi. Hal ini
dapat digunakan oleh guru untuk mengakrabkan matematika dengan lingkungan anak
dan menciptakan suasana pembelajaran yang menarik, berkualitas, dan membuat
siswa tertantang untuk berhasil. Selain dengan menggunakan media, dapat juga
dengan menerapkan metode pembelajaran yang baik. Salah satu metode pembelajaran
yang mengubah berbagai interaksi di dalam pembelajaran adalah Quantum Learning.
Pengembangan media pembelajaran matematika ini telah memenuhi beberapa
kriteria, antara lain: menarik, dinamis, interaktif, variasi tampilan pengembangan,
Quantum Learning, dan bahasa.
Penelitian ini dilaksanakan di laboratorium SMP Negeri 1 Jember pada
tanggal 10 Agustus 2011. Dalam penelitian ini, pakar teknologi informasi dan
komunikasi pakar pendidikan, guru, serta siswa memberikan penilaian terhadap
media pembelajaran yang telah dihasilkan oleh peneliti. Selain penilaian yang
disajikan dalam bentuk angket, peneliti juga melakukan wawancara untuk
mendapatkan data tentang tanggapan informan mengenai hasil media pembelajaran
viii
matematika bilingual berbasis web dan Quantum Learning pada sub pokok bahasan
Kubus dan Balok SMP Kelas VIII Semester Genap.
Penelitian ini menghasilkan sebuah media pembelajaran matematika yang
menggunakan website dan disajikan dalam dua bahasa yang memadukan unsur seni
dan pencapaian yang terarah serta memberikan sugesti positif. Hal ini berdasarkan
hasil angket yang telah didapat, antara lain: pada tahap evaluasi oleh pakar teknologi
informasi dan komunikasi adalah 77,92% (kualifikasi baik), tahap evaluasi oleh pakar
pendidikan 91,75% (kualifikasi sangat baik), tahap penilaian dan tanggapan dari guru
matematika SMP 85,94% (kualifikasi baik), ujicoba produk oleh siswa SMP 82,65%
(kualifikasi baik).
Kesimpulan dari hasil analisis data dan pembahasan bahwa pengembangan
media pembelajaran matematika bilingual berbasis web dan Quantum Learning ini
telah layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini terlihat dari hasil
angket yang diperoleh, yang menunjukkan bahwa media pembelajaran ini telah
memiliki kualifikasi baik.