• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Bilingual Berbasis Web dan Quantum Learning Pada Sub Pokok Bahasan Kubus dan Balok SMP Kelas VIII Semester Genap

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (810.1Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Anis Maftuha
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Selain membangkitkan motivasi dan minat siswa, media pembelajaran juga dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman, menyajikan data dengan menarik dan terpercaya, memudahkan penafsiran data, dan memadatkan informasi. Hal ini dapat digunakan oleh guru untuk mengakrabkan matematika dengan lingkungan anak dan menciptakan suasana pembelajaran yang menarik, berkualitas, dan membuat siswa tertantang untuk berhasil. Selain dengan menggunakan media, dapat juga dengan menerapkan metode pembelajaran yang baik. Salah satu metode pembelajaran yang mengubah berbagai interaksi di dalam pembelajaran adalah Quantum Learning. Pengembangan media pembelajaran matematika ini telah memenuhi beberapa kriteria, antara lain: menarik, dinamis, interaktif, variasi tampilan pengembangan, Quantum Learning, dan bahasa. Penelitian ini dilaksanakan di laboratorium SMP Negeri 1 Jember pada tanggal 10 Agustus 2011. Dalam penelitian ini, pakar teknologi informasi dan komunikasi pakar pendidikan, guru, serta siswa memberikan penilaian terhadap media pembelajaran yang telah dihasilkan oleh peneliti. Selain penilaian yang disajikan dalam bentuk angket, peneliti juga melakukan wawancara untuk mendapatkan data tentang tanggapan informan mengenai hasil media pembelajaran viii matematika bilingual berbasis web dan Quantum Learning pada sub pokok bahasan Kubus dan Balok SMP Kelas VIII Semester Genap. Penelitian ini menghasilkan sebuah media pembelajaran matematika yang menggunakan website dan disajikan dalam dua bahasa yang memadukan unsur seni dan pencapaian yang terarah serta memberikan sugesti positif. Hal ini berdasarkan hasil angket yang telah didapat, antara lain: pada tahap evaluasi oleh pakar teknologi informasi dan komunikasi adalah 77,92% (kualifikasi baik), tahap evaluasi oleh pakar pendidikan 91,75% (kualifikasi sangat baik), tahap penilaian dan tanggapan dari guru matematika SMP 85,94% (kualifikasi baik), ujicoba produk oleh siswa SMP 82,65% (kualifikasi baik). Kesimpulan dari hasil analisis data dan pembahasan bahwa pengembangan media pembelajaran matematika bilingual berbasis web dan Quantum Learning ini telah layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini terlihat dari hasil angket yang diperoleh, yang menunjukkan bahwa media pembelajaran ini telah memiliki kualifikasi baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11933
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15423]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository