Perencanaan Pembelajaran Model Area Pada Kelompok B di TK Al-Amien Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2022/2023
Abstract
Perencanaan pembelajaran merupakan tahapan penting yang harus
dilakukan oleh tenaga pendidik agar pembelajaran dapat terlaksana dengan
sistematis dan terorganisir sehingga dapat menghasilkan proses belajar mengajar
yang baik dan bermakna. Perencanaan pembelajaran disusun berdasarkan model
pembelajaran yang diterapkan di suatu lembaga pendidikan PAUD. Salah satu
model pembelajaran merupakan model pembelajaran area. Penelitian ini
dilakukan di salah satu lembaga PAUD yaitu TK Al-Amien Kecamatan Patrang
Kabupaten Jember dikarenakan lembaga tersebut merupakan satu-satunya
lembaga yang menerapakan model pembelajaran area di Kabupaten Jember dan
telah terlaksana selama belasan tahun.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimanakah
Perencanaan Pembelajaran Model Area Pada Kelompok B di TK Al-Amien
Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2022/2023?” Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pembelajaran model area
pada kelompok B di TK Al-Amien Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun
Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif
kualitatif, dimana penelitian ini dilakukan dalam jangka waktu satu bulan. Sumber
data yang diperoleh melalui narasumber yaitu kepala sekolah, waka kurikulum
dan guru kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode
observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data melalui tahap
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan penelitian
deskriptif kualitatif di TK Al-Amien Kecamatan Patrang Kabupaten Jember dapat
disimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran model area di TK Al-Amien
dimulai dari penyusunan, 1) Perencanaan Program Tahunan; 2) Perencanaan
Program Semester; 3) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian; 4) Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran harian; 5) Perencanaan Alat dan Media; 6) Metode
Pembelajaran; 7) Penilaian Pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran yang baik
dimulai dengan melakukan perencanaan pembelajaran yang baik, banyak faktor
dalam berhasilnya pembuatan perencanaan yaitu kerja sama yang baik dari
yayasan, kepala sekolah, karywan dan dewan guru. Perbedaan perencanaan
pembelajaran model area di TK Al-Amien terletak pada kegiatan
pembelajarannya, dimana guru harus menyiapkan beberapa kegiatan dalam satu
hari sesuai dengan area yang tersedia dan di buka dalam kelas. TK Al-Amien
menggunakan enam area untuk proses belajar mengajarnya yaitu area agama,
bahasa, matematika, seni, balok dan IPA. TK AL-Amien memilik kurikulum yang
khas yaitu dengan menggabungkan kurikulum 2013, Kemenag dan kurikulum
yayasan AL-Baitul Amien sehingga hasil dari perencanaan pembelajaran memiliki
karakteristik tersendiri. Penyusunan pembuatan program tahunan dan program
semester disusun oleh waka kurikum dan koordinator kurikulum sebelum
kemudian di diskusikan kembali pada rapat kerja yang dilakukan di akhir atau
awal tahun ajaran baru dengan dihadiri oleh kepala sekolah, karyawan dan seluruh
dewan guru yang beragendakan memberikan tanda centang di program semester.
Kemudian RPPM dan RPPH disusun oleh dewan guru dimana pada saat
pembuatan RPPM juga dilakukan pembuatan RPPH langsung dalam waktu satu
minggu namun dalam pelaksanaannya jika terdapat indikator yang tidak tercapai
atau tidak sesuai indikator bisa diganti untuk hari berikutnya. Model area dipilih
dikarenakan model pembelajaran ini membuat anak memiliki rasa tanggung jawab
dan toleransi yang tinggi dengan cara memutuskan sendiri kegiatan yang
diminatinya serta anak bisa bersosialisasi dengan teman yang bersbeda di masingmasing area sehingga tidak membentuk kelompo tertentu.