• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perencanaan Pembelajaran Model Area Pada Kelompok B di TK Al-Amien Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI REPOSITORY.pdf (3.481Mb)
    Date
    2023-06-27
    Author
    MAYLINDA, Ria Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perencanaan pembelajaran merupakan tahapan penting yang harus dilakukan oleh tenaga pendidik agar pembelajaran dapat terlaksana dengan sistematis dan terorganisir sehingga dapat menghasilkan proses belajar mengajar yang baik dan bermakna. Perencanaan pembelajaran disusun berdasarkan model pembelajaran yang diterapkan di suatu lembaga pendidikan PAUD. Salah satu model pembelajaran merupakan model pembelajaran area. Penelitian ini dilakukan di salah satu lembaga PAUD yaitu TK Al-Amien Kecamatan Patrang Kabupaten Jember dikarenakan lembaga tersebut merupakan satu-satunya lembaga yang menerapakan model pembelajaran area di Kabupaten Jember dan telah terlaksana selama belasan tahun. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimanakah Perencanaan Pembelajaran Model Area Pada Kelompok B di TK Al-Amien Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2022/2023?” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pembelajaran model area pada kelompok B di TK Al-Amien Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dimana penelitian ini dilakukan dalam jangka waktu satu bulan. Sumber data yang diperoleh melalui narasumber yaitu kepala sekolah, waka kurikulum dan guru kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif di TK Al-Amien Kecamatan Patrang Kabupaten Jember dapat disimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran model area di TK Al-Amien dimulai dari penyusunan, 1) Perencanaan Program Tahunan; 2) Perencanaan Program Semester; 3) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian; 4) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran harian; 5) Perencanaan Alat dan Media; 6) Metode Pembelajaran; 7) Penilaian Pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran yang baik dimulai dengan melakukan perencanaan pembelajaran yang baik, banyak faktor dalam berhasilnya pembuatan perencanaan yaitu kerja sama yang baik dari yayasan, kepala sekolah, karywan dan dewan guru. Perbedaan perencanaan pembelajaran model area di TK Al-Amien terletak pada kegiatan pembelajarannya, dimana guru harus menyiapkan beberapa kegiatan dalam satu hari sesuai dengan area yang tersedia dan di buka dalam kelas. TK Al-Amien menggunakan enam area untuk proses belajar mengajarnya yaitu area agama, bahasa, matematika, seni, balok dan IPA. TK AL-Amien memilik kurikulum yang khas yaitu dengan menggabungkan kurikulum 2013, Kemenag dan kurikulum yayasan AL-Baitul Amien sehingga hasil dari perencanaan pembelajaran memiliki karakteristik tersendiri. Penyusunan pembuatan program tahunan dan program semester disusun oleh waka kurikum dan koordinator kurikulum sebelum kemudian di diskusikan kembali pada rapat kerja yang dilakukan di akhir atau awal tahun ajaran baru dengan dihadiri oleh kepala sekolah, karyawan dan seluruh dewan guru yang beragendakan memberikan tanda centang di program semester. Kemudian RPPM dan RPPH disusun oleh dewan guru dimana pada saat pembuatan RPPM juga dilakukan pembuatan RPPH langsung dalam waktu satu minggu namun dalam pelaksanaannya jika terdapat indikator yang tidak tercapai atau tidak sesuai indikator bisa diganti untuk hari berikutnya. Model area dipilih dikarenakan model pembelajaran ini membuat anak memiliki rasa tanggung jawab dan toleransi yang tinggi dengan cara memutuskan sendiri kegiatan yang diminatinya serta anak bisa bersosialisasi dengan teman yang bersbeda di masingmasing area sehingga tidak membentuk kelompo tertentu.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119318
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15470]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository