Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Poster terhadap Hasil Belajar Siswa pada Bab 6 Indonesiaku Kaya Budaya di Kelas IV SDN Bataan 1 Bondowoso
Abstract
Siswa yang memiliki kecenderungan sulit untuk mandiri dalam belajar, sangat bergantung pada penjelasan guru, dan masih pasif adalah alasan mengapa pembelajaran berpusat pada guru sering dilakukan, misalnya ceramah atau diskusi saja. Peran penting guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar adalah dengan menciptakan model pembelajaran yang melibatkan seluruh siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengatasi hal tersebut adalah model PjBL. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model project based learning (PjBL) berbantuan media poster terhadap hasil belajar siswa pada bab 6 Indonesiaku kaya budaya di kelas IV SDN Bataan 1 Bondowoso. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain quasi eksperimental. Metode pengumpulan data meliputi penilaian hasil belajar siswa berupa pretest dan posttest. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t. Hasil yang diperoleh adalah t hitung > t tabel (4.443 > 2.022). Perhitungan yang dilakukan menunjukkan hasil efektivitas relatif sebesar 42,98% dan dikategorikan sebagai efektivitas sedang. Berdasarkan perhitungan dengan uji t, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga,menunjukkan pengaruh positif model project based learning (PjBL) berbantuan media poster terhadap hasil belajar siswa pada bab 6 Indonesiaku kaya budaya di kelas IV SDN Bataan 1 Bondowoso.