ANALISIS LEVEL PERTANYAAN GEOMETRI BERDASARKAN TINGKATAN VAN HIELE PADA BUKU TEKS MATEMATIKA SMP KELAS VII
Abstract
Persentase deskriptor untuk masing-masing tingkatan van Hiele yang terdapat
pada 578 pertanyaan dalam buku teks matematika terbitan Esis adalah 3,85%
(deskriptor 1.a); 0,88% (deskriptor 1.c); 0,35% (deskriptor 2); 1,4% (deskriptor 3);
2,63% (deskriptor 6); 11,56% (deskriptor 1); 4,38% (deskriptor 2); 2,1% (deskriptor
3.a); 14,7% (deskriptor 4.a); 19,97% (deskriptor 4.b); 0,35% (deskriptor 5); 4,03%
(deskriptor 6.b); 25,22% (deskriptor 9); 1,58% (deskriptor 1.c); 0,53% (deskriptor
2.a); 1,93% (deskriptor 2.b); 1,23% (deskriptor 2.d); 0,18% (deskriptor 5); 3,15%
(deskriptor 6). Adapun persentase deskriptor untuk masing-masing tingkatan van
Hiele yang terdapat pada 598 pertanyaan pada BSE adalah 5,08% (deskriptor 1.a);
0,17% (deskriptor 1.b); 0,68% (deskriptor 2); 1,69% (deskriptor 3); 7,46% (deskriptor
6); 5,25% (deskriptor 1); 23,2% (deskriptor 2); 2,71% (deskriptor 3.a); 0,33%
(deskritor 3.b); 12% (deskriptor 4.a); 14,41% (deskriptor 4.b); 5,25% (deskriptor 6.b);
13,2% (deskriptor 9); 0,33% (deskriptor 1.a); 0,17% (deskriptor 1.c); 4,58%
(deskriptor 2.b); 1,36% (deskriptor 2.d); 0,33% (deskriptor 2.e); 1,02% (deskriptor
3.b); 0,68% (deskriptor 6). Pada buku Esis, terjadi penumpukan soal pada deskriptor
4.b yang terdiri dari 114 pertanyaan dan pada deskriptor 9 yang terdiri dari 144
pertanyaan. Sedangkan pada BSE, penumpukan soal terjadi pada deskriptor 2 yang
terdiri dari 137 pertanyaan. Seharusnya pertanyaan-pertanyaan tersebut masuk ke
dalam masing-masing deskriptor secara berimbang agar terjadi ragam kegiatan
pembelajaran pada siswa.