Show simple item record

dc.contributor.authorELLAN FATNOER RACHMAWATI
dc.date.accessioned2013-12-24T02:33:36Z
dc.date.available2013-12-24T02:33:36Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM080210191006
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11922
dc.description.abstractDari hasil validasi perangkat pembelajaran diperoleh koefisien validitas RPP, LKS, dan alat evaluasi berturut-turut adalah 0,95; 0,93 dan 0,937. Perangkat tersebut dikatakan valid karena koefisien validitasnya lebih dari 0,60. Hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran tersebut telah memenuhi kriteria kevalidan. Secara umum proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas VIID berjalan baik. Siswa-siswa di kelas VIID cukup aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hal itu tercermin pada hasil pengelolaan pembelajaran oleh guru dan aktivitas siswa. Persentase aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada pertemuan pertama di kelas VIID mencapai 84,44% dengan kategori baik,pertemuan kedua mencapai mencapai 93,33% dengan kategori baik dan pada pertemuan ketiga mencapai 95,56% dengan kategori baik. Hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran tersebut telah memenuhi kriteria kepraktisan. Persentase aktivitas siswa di kelas VIID pada pertemuan pertama mencapai 76,67% dengan kategori baik,pada pertemuan kedua mencapai 78,23% dengan kategori baik dan pada pertemuan ketiga mencapai 84,51% dengan kategori baik. Dari analisis angket yang telah diisi siswa di kelas VIID diperoleh lebih dari 80% siswa memberikan respon positif terhadap seluruh aspek yang ditanyakan. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memberikan respon baik terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Dari analisis tes juga diperoleh bahwa 88,89% siswa di kelas VIID memperoleh nilai ≥75. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika bernuansa karakter dengan pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) telah memenuhi kriteria keefektifan perangkat pembelajaran dan menjadi perangkat yang konsisten dan efektif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210191006;
dc.subjectMatematika, NHT, Operasi Bentuk Aljabaren_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERNUANSA KARAKTER DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) POKOK BAHASAN OPERASI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP NEGERI 1 PAKUSARI TAHUN AJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record