• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERNUANSA KARAKTER DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) POKOK BAHASAN OPERASI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP NEGERI 1 PAKUSARI TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Ellan Fatnoer Rachmawati_1.pdf (134.0Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    ELLAN FATNOER RACHMAWATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dari hasil validasi perangkat pembelajaran diperoleh koefisien validitas RPP, LKS, dan alat evaluasi berturut-turut adalah 0,95; 0,93 dan 0,937. Perangkat tersebut dikatakan valid karena koefisien validitasnya lebih dari 0,60. Hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran tersebut telah memenuhi kriteria kevalidan. Secara umum proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas VIID berjalan baik. Siswa-siswa di kelas VIID cukup aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hal itu tercermin pada hasil pengelolaan pembelajaran oleh guru dan aktivitas siswa. Persentase aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada pertemuan pertama di kelas VIID mencapai 84,44% dengan kategori baik,pertemuan kedua mencapai mencapai 93,33% dengan kategori baik dan pada pertemuan ketiga mencapai 95,56% dengan kategori baik. Hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran tersebut telah memenuhi kriteria kepraktisan. Persentase aktivitas siswa di kelas VIID pada pertemuan pertama mencapai 76,67% dengan kategori baik,pada pertemuan kedua mencapai 78,23% dengan kategori baik dan pada pertemuan ketiga mencapai 84,51% dengan kategori baik. Dari analisis angket yang telah diisi siswa di kelas VIID diperoleh lebih dari 80% siswa memberikan respon positif terhadap seluruh aspek yang ditanyakan. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memberikan respon baik terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Dari analisis tes juga diperoleh bahwa 88,89% siswa di kelas VIID memperoleh nilai ≥75. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika bernuansa karakter dengan pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) telah memenuhi kriteria keefektifan perangkat pembelajaran dan menjadi perangkat yang konsisten dan efektif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11922
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15423]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository