Analisis Nilai-nilai Karakter pada Buku Siswa Kelas III Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh kemerosotan moral di lingkungan siswa yang sudah menjadi rahasia umum. Kurangnya penanaman nilai-nilai karakter ditunjukkan dengan banyaknya perilaku tidak terpuji yang dilakukan oleh generasi muda di Indonesia khususnya para pelajar yaitu etika, moral, budi pekertinya sudah mulai hilang seperti sikap yang kurang sopan terhadap orang yang lebih tua, bullying, perkelahian antar siswa, kasus asuisla penyalahgunaan narkoba, dan masalah lainnya. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk meneliti buku siswa yang digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui muatan nilai karakter yang terdapat pada buku siswa kelas III tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode peneltiain analisis ini. Adapun hasil penelitian ini yaitu pada buku siswa kelas III tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan ditemukan 46 nilai karakter yaitu nilai religius, nasionalisme, integritas, mandiri, dan gotong royong. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan pada buku siswa kelas III tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan ditemukan 46 nilai yang terdiri dari 12 nilai religius, 2 nilai nasionalisme, 5 nilai integritas, 12 nilai mandiri, 15 nilai gotong royong. Frekuensi munculnya nilai-nilai karakter tersebut tidak merata, bergantung pada fokus pengembangan karakter pada buku siswa. Pada buku siswa kelas III tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan nilai yang sering muncul adalah nilai gotong royong.