• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pembiasaan Membaca Hadits Pilihan terhadap Perkembangan Moral Anak Kelompok A di TK Darus Sholah Jember

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI Divvy Aulia Dwi J.P 190210205034.pdf (1.789Mb)
    Date
    2023-07-27
    Author
    PERMATASARI, Divvy Aulia Dwi Julian
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah pendidikan yang dibangun dengan ditujukan khusus untuk anak sejak umur 0 hingga 6 tahun dan dilaksanakan dengan pemberian stimulasi suatu pendidikan, sebagai upaya bagi tumbuh dan kembang yang anak miliki serta bekal anak untuk siap dalam melanjutkan pendidikan kedepannya. Terdapat beberapa perkembangan yang anak miliki seperti aspek fisik motorik, bahasa, sosial emosional, kognitif, seni, serta moral dan agama. Aspek perkembangan dasar dalam diri anak salah satunya yaitu aspek moral. Aspek moral menurut Susanto (2012) moral yang berasal dari sebuah kata latin mos yang berarti tata krama, adat istiadat, aturan, nilai atau aturan hidup. Dalam mengembangkan aspek pekembangan moral perlu adanya stimulus yang dilakukan, salah satunya dengan dilakukannya pembiasaan. Pembiasaan membaca hadits beserta artinya yaitu pembiasaan dimana dilakukan secara berulang dan continue dengan tujuan anak dapat mempelajari, memahami, meyakini, mengamalkan nilai-nilai yang tercantum dalam hadist. Berdasarkan hasil awal observasi, pembiasaan yang diterapkan di TK Darus Sholah tersebut dilaksanakan setiap hari, sebelum pembelajaran dimulai, namun kebijakan tersebut berbeda-beda setiap kelasnya. Selain itu, program pembiasaan membaca hadits ini juga dilakukan bersama-sama di halaman sekolah yaitu setiap hari Kamis. Menurut Tolu, dkk (2019) pada penelitiannya disebutkan bahwa dalam mengembangkan nilai agama tidak hanya dengan baca tulis al-Qur- ‘an saja namun dengan membaca hadits pula. Dengan begitu, peneliti hendak menelaah lebih mendalam apakah dengan pembiasaan membaca hadits juga dapat mengembangkan aspek moral pada anak karena dengan pembiasaan hadits tersebut berkesinambungan sebagai upaya mengembangkan moral anak seperti pemahaman perilaku-perilaku baik-buruk, benar-salah, sopan-tidak santun; berperilaku baik, sopan dan santun anak usia 4-5 tahun. Sejauh ini meskipun dengan diberikan perlakuan yang berbeda, beberapa anak dapat mengamalkannya namun sebagian besar juga anak masih belum dapat mengamalkannya dengan baik, seperti larangan makan sambil berdiri, anak masih harus diingatkan terlebih dahulu bacaan hadist beserta artinya dengan nyanyian hadits-hadits untuk mengerti apa kesalahannya. Metode pada penelitian ini yaitu metode ex post facto kuantitatif. Ex post facto merupakan penelitian dengan tujuan untuk mengkaji suatu keadaan yang sedang terjadi di lapangan, serta untuk melihat beberapa faktor yang dapat memunculkan kejadian yang hendak di teliti. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pembiasaan membaca hadits pilihan terhadap perkembangan moral pada anak kelompok A. Kesimpulan yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh pembiasaan membaca hadits terhadap perkembangan moral pada anak kelompok A di TK Darus Shalah Jember. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis variabel yang dipengaruhi dimana didapatkan nilai signifikan pada tabel adalah 0,027 < 0,05 yang artinya ditolak dan diterima. Dengan menghasilkan nilai R Square sebesar 0,119 atau jika di persentasekan 11,9%. Hasil tersebut menunjukkan membaca Hadits (X) memberikan pengaruh sebesar 11,9% terhadap perkembangan moral anak kelompok A di TK Darus Sholah (Y). Saran yang diberikan khususnya untuk guru dan sekolah yaitu diharapkan guru mampu melakukan pembiasaan membaca hadits tersebut dengan konsisten dan tegas pada saat penerapannya dan juga sekolah mampu memperbaiki manajemen dari pembiasaan membaca hadits tersebut seperti contoh pelaksanaannya, jadwal, dan juga jumlah hadits yang diajarkan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119155
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository