Implementasi Strategi Pemasaran Islam Pakaian Thrift pada Masyarakat di Kabupaten Lumajang
Abstract
Haitan Secondbrand merupakan satu-satunya toko pakaian thrift yang menggunakan konsep pemasaran syariah di wilayah Kabupaten Lumajang. Adanya konsep pemasaran syariah. Hadirnya konsep pemasaran yang mendasarkan prinsip syariah merupakan suatu persaiangan antara pelaku pembisnis, hal ini dikarenakan kebutuhan sandang masyarakat meningkat.
Penelitian ini merupakan penelitian strategi pemasaran islam dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran pakaian thrift dalam meningktakan minat beli masyarakat dalam perspektif Islam.
Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep pemasaran islam dalam pesrpekttif ekonomi islam yang dapat disebut dengan konsep pemasaran syariah dalam melakukan aktivitasnya secara konvensional. Namun cara yang membedakan dengan cara nilai-nilai prinsp syariah yaitu berlaku adil, tanggap terhadap perubahan, berbuat yang terbaik dari sisi produk dan harga, rela sama rela dan adanya hak khiyar pada pembeli, dan tidak curang.