Pengaruh Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Volume Bangun Ruang pada Siswa Kelas V di SDN Jember Lor 03 Jember
Abstract
Matematika merupakan suatu ilmu yang berhubungan dengan penelahaan
bentuk-bentuk atau struktur yang abstrak dan hubungan diantara hal-hal itu untuk
memahaminya diperlukan pemahaman tentang suatu konsep yang ada di dalam
matematika itu sendiri. Materi pembelajaran matematika kelas V sekolah dasar
yang perlu dikuasai salah satunya adalah materi bangun ruang yang dapat dilihat
dari berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan bahwa kendala
yang dialami oleh guru dalam melakukan pembelajaran matematika yaitu ketika
berdiskusi kelompok banyak siswa yang kurang berperan aktif dalam melakukan
diskusi kelompok, siswa cenderung bergantung kepada siswa yang lebih pandai
sehingga beberapa siswa kurang memahami materi dengan maksimal. Kurang
berperan aktifnya siswa dalam berdiskusi kelompok ini mempengaruhi
pemahaman siswa terhadap materi volume bangun ruang. Model kooperatif tipe
Numbered Heads Together bisa dijadikan solusi untuk meningkatkan hasil belajar
matematika materi volume bangun ruang siswa. Rumusan masalah penelitian ini
yaitu “adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads
Together terhadap hasil belajar matematika materi volume bangun ruang pada
siswa kelas V di SDN Jember Lor 03 Jember?”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe
Numbered Heads Together terhadap hasil belajar matematika materi volume
bangun ruang pada siswa kelas V di SDN Jember Lor 03 Jember.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian
quasi experiment dengan pola non-equivalent control group design yang
dilaksanakan di SDN Jember Lor 03 pada semester gasal tahun ajaran 2023/2024.
Subjek penelitian terdiri dari keseluruhan siswa kelas V sebanyak 53 siswa, kelas V-A sebanyak 27 siswa dan kelas V-B sebanyak 26 siswa. Hasil dari uji
homogenitas kedua varian data yaitu diperoleh sebesar 0,250 < 2,007 sehingga
kedua kelas homogen. Kelas V-B sebagai kelas eksperimen dan kelas V-A
sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal
pretest-posttest. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan uji-t yang
sebelumnya akan dilakukan uji normalitas sebagai prasyarat uji parametrik.
Analisis data dilanjutkan dengan melakukan uji efektivitas relatif.
Hasil uji-t berdasarkan data pretest-posttest menunjukkan hasil bahwa
𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan hasil sebesar 2,608 > 2,005. Berdasarkan hasil tersebut
maka 𝐻𝑎 diterima dan 𝐻0 ditolak, artinya terdapat pengaruh model kooperatif tipe
Numbered Heads Together terhadap hasil belajar matematika materi volume
bangun ruang. Perhitungan keefektifan relatif menunjukkan hasil sebesar 25%
termasuk dalam kategori “Keefektifan Rendah” artinya model kooperatif tipe
Numbered Heads Together berkontribusi dalam meningkatkan hasil belajar dan
lebih efektif digunakan dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
positif dari model kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap hasil
belajar matematika materi volume bangun ruang pada siswa kelas V di SDN
Jember Lor 03 Jember. Saran pada penelitian ini bagi guru, diharapkan guru dapat
menggunakan model kooperatif tipe Numbered Heads Together selama proses
pembelajaran dengan lebih maksimal baik dalam segi waktu ataupun media yang
digunakan agar kelas lebih interaktif. Bagi peneliti lain, diharapkan peneliti lain
mampu melakukan perbaikan terkait pelaksanaan penelitian dengan memberikan
media selama proses pembelajaran agar meningkatkan pemahaman siswa terkait
volume bangun ruang.