• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Volume Bangun Ruang pada Siswa Kelas V di SDN Jember Lor 03 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Devi Dwi Ramadani_190210204004_Skripsi.pdf (2.690Mb)
    Date
    2023-09-05
    Author
    RAMADANI, Devi Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika merupakan suatu ilmu yang berhubungan dengan penelahaan bentuk-bentuk atau struktur yang abstrak dan hubungan diantara hal-hal itu untuk memahaminya diperlukan pemahaman tentang suatu konsep yang ada di dalam matematika itu sendiri. Materi pembelajaran matematika kelas V sekolah dasar yang perlu dikuasai salah satunya adalah materi bangun ruang yang dapat dilihat dari berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan bahwa kendala yang dialami oleh guru dalam melakukan pembelajaran matematika yaitu ketika berdiskusi kelompok banyak siswa yang kurang berperan aktif dalam melakukan diskusi kelompok, siswa cenderung bergantung kepada siswa yang lebih pandai sehingga beberapa siswa kurang memahami materi dengan maksimal. Kurang berperan aktifnya siswa dalam berdiskusi kelompok ini mempengaruhi pemahaman siswa terhadap materi volume bangun ruang. Model kooperatif tipe Numbered Heads Together bisa dijadikan solusi untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi volume bangun ruang siswa. Rumusan masalah penelitian ini yaitu “adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap hasil belajar matematika materi volume bangun ruang pada siswa kelas V di SDN Jember Lor 03 Jember?”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap hasil belajar matematika materi volume bangun ruang pada siswa kelas V di SDN Jember Lor 03 Jember. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi experiment dengan pola non-equivalent control group design yang dilaksanakan di SDN Jember Lor 03 pada semester gasal tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian terdiri dari keseluruhan siswa kelas V sebanyak 53 siswa, kelas V-A sebanyak 27 siswa dan kelas V-B sebanyak 26 siswa. Hasil dari uji homogenitas kedua varian data yaitu diperoleh sebesar 0,250 < 2,007 sehingga kedua kelas homogen. Kelas V-B sebagai kelas eksperimen dan kelas V-A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal pretest-posttest. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan uji-t yang sebelumnya akan dilakukan uji normalitas sebagai prasyarat uji parametrik. Analisis data dilanjutkan dengan melakukan uji efektivitas relatif. Hasil uji-t berdasarkan data pretest-posttest menunjukkan hasil bahwa 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan hasil sebesar 2,608 > 2,005. Berdasarkan hasil tersebut maka 𝐻𝑎 diterima dan 𝐻0 ditolak, artinya terdapat pengaruh model kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap hasil belajar matematika materi volume bangun ruang. Perhitungan keefektifan relatif menunjukkan hasil sebesar 25% termasuk dalam kategori “Keefektifan Rendah” artinya model kooperatif tipe Numbered Heads Together berkontribusi dalam meningkatkan hasil belajar dan lebih efektif digunakan dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dari model kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap hasil belajar matematika materi volume bangun ruang pada siswa kelas V di SDN Jember Lor 03 Jember. Saran pada penelitian ini bagi guru, diharapkan guru dapat menggunakan model kooperatif tipe Numbered Heads Together selama proses pembelajaran dengan lebih maksimal baik dalam segi waktu ataupun media yang digunakan agar kelas lebih interaktif. Bagi peneliti lain, diharapkan peneliti lain mampu melakukan perbaikan terkait pelaksanaan penelitian dengan memberikan media selama proses pembelajaran agar meningkatkan pemahaman siswa terkait volume bangun ruang.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119120
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository