dc.description.abstract | Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini dinyatakan baik
apabila hasil analisis masing-masing perangkat pembelajaran dapat dikategorikan baik.
Perangkat pembelajaran dinyatakan baik apabila telah memenuhi kriteria valid yaitu
apabila interprestasi besarnya koefisien validitas minimal berkategori tinggi yaitu lebih
dari 0,60, praktis apabila persentase tingkat pencapaian kemampuan guru mengelola
pembelajaran lebih dari 65% dan efektif jika persentase setiap jenis aktivitas siswa
adalah 10% - 20% kecuali jenis aktivitas yang tidak relevan dengan pembelajaran
adalah 0% - 5%, banyaknya siswa yang memberikan respon positif lebih dari 80% dari
jumlah subjek yang diuji coba, dan ketuntasan hasil belajar minimal 80% siswa yang
mengikuti pembelajaran mampu mampu mencapai minimal skor 60. Pemenuhan
kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari perangkat pembelajaran yang
dikembangkan disajikan pada tabel berikut:
Pemenuhan kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan
Kriteria Keterangan
Kevalidan
Koefisien validitas RPP, buku siswa, LKS, dan tes hasil
belajar adalah 0,96; 0,93; 0,96; dan 0,95.
Kepraktisan
Persentase aktifitas guru sebesar pada pertemuan I dan II
adalah 86,1%; 91,7%
Keefektifan
89% siswa mendapat skor lebih dari 60, persentase aktifitas
siswa sebesar 19,3%; 16,7%; 19,8%; 12,0%; 17,2%; 12,0%;
3,1% berturut-turut untuk aktivitas 1 sampai 7, dan lebih
dari 80% siswa memberikan respon positif.
Adapun jenis aktivitas yang diamati dalam penelitian ini adalah :
1 = Mendengarkan penjelasan guru/teman
2 = Bertanya/mengemukakan pendapat kepada guru/teman
3 = Partisipasi dalam mengerjakan LKS yang diberikan
4 = Melakukan kegiatan bertamu/menerima tamu dari kelompok lain
5 = Berpartisipasi dalam diskusi kelas
6 = Menyimpulkan materi yang telah didapat
7 = Aktivitas lain yang tidak relevan dengan pembelajaran | en_US |