• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DENGAN SETTING KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL KELAS VIII

    Thumbnail
    View/Open
    Dzurratul Wasi’ah Nur Laili Haqiki_1.pdf (268.1Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Dzurratul Wasi’ah Nur Laili Haqiki
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini dinyatakan baik apabila hasil analisis masing-masing perangkat pembelajaran dapat dikategorikan baik. Perangkat pembelajaran dinyatakan baik apabila telah memenuhi kriteria valid yaitu apabila interprestasi besarnya koefisien validitas minimal berkategori tinggi yaitu lebih dari 0,60, praktis apabila persentase tingkat pencapaian kemampuan guru mengelola pembelajaran lebih dari 65% dan efektif jika persentase setiap jenis aktivitas siswa adalah 10% - 20% kecuali jenis aktivitas yang tidak relevan dengan pembelajaran adalah 0% - 5%, banyaknya siswa yang memberikan respon positif lebih dari 80% dari jumlah subjek yang diuji coba, dan ketuntasan hasil belajar minimal 80% siswa yang mengikuti pembelajaran mampu mampu mencapai minimal skor 60. Pemenuhan kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari perangkat pembelajaran yang dikembangkan disajikan pada tabel berikut: Pemenuhan kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan Kriteria Keterangan Kevalidan Koefisien validitas RPP, buku siswa, LKS, dan tes hasil belajar adalah 0,96; 0,93; 0,96; dan 0,95. Kepraktisan Persentase aktifitas guru sebesar pada pertemuan I dan II adalah 86,1%; 91,7% Keefektifan 89% siswa mendapat skor lebih dari 60, persentase aktifitas siswa sebesar 19,3%; 16,7%; 19,8%; 12,0%; 17,2%; 12,0%; 3,1% berturut-turut untuk aktivitas 1 sampai 7, dan lebih dari 80% siswa memberikan respon positif. Adapun jenis aktivitas yang diamati dalam penelitian ini adalah : 1 = Mendengarkan penjelasan guru/teman 2 = Bertanya/mengemukakan pendapat kepada guru/teman 3 = Partisipasi dalam mengerjakan LKS yang diberikan 4 = Melakukan kegiatan bertamu/menerima tamu dari kelompok lain 5 = Berpartisipasi dalam diskusi kelas 6 = Menyimpulkan materi yang telah didapat 7 = Aktivitas lain yang tidak relevan dengan pembelajaran
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11910
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository