Analisis Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal TIMSS Konten Aljabar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal TIMSS konten aljabar. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Kota Mojokerto yang terdiri dari 1 dari setiap siswa yang memiliki nilai matematika lebih tinggi dari nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan siswa yang memiliki nilai matematika lebih rendah dari nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memiliki nilai matematika lebih tinggi dari nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dapat memenuhi tahap klasifikasi (mengidentifikasi fakta-fakta yang diketahui dan ditanya), asesmen (menilai fakta-fakta yang dibutuhkan dan tidak dibutuhkan), strategi (membuat suatu tindakan) dan penyimpulan (menarik kesimpulan berdasarkan fakta) dalam menyelesaikan soal TIMSS konten aljabar. Proses berpikir kritis siswa yang memiliki nilai matematika lebih rendah dari nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dalam menyelesaikan soal TIMSS konten aljabar hanya mencapai tahap klasifikasi dan asesmen, belum memenuhi tahap strategi dan penyimpulan.