• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) dengan Metode Ekperimen Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X di MAN 1 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Aprilita Dwi Agustina - 080210102018_1.pdf (435.6Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Aprilita Dwi Agustina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran fisika harus mencakup dua aspek yakni aspek produk dan aspek proses. Dalam mempelajari fisika tidak dapat dengan langsung mempelajari produknya saja akan tetapi diperlukan suatu kegiatan pembelajaran yang melibatkan adanya suatu kegiatan proses untuk menghasilkan produk tersebut. Menurut Memes (2001:1) fisika banyak tidak diminati oleh siswa karena dianggap sulit. Pada pembelajaran fisika di sekolah menunjukkan prestasi hasil belajar fisika siswa masih rendah, dan banyak siswa yang memiliki sikap ilmiah dengan kategori kurang. Oleh karena itu, perlu pembaharuan dalam gaya mengajar guru, guru harus bisa membuat siswa itu nyaman dikelas, dan nyaman dalam menerima pelajaran yang diberikan apalagi pelajaran fisika, khususnya di MAN 1 Jember. Model kooperatif memerlukan suatu metode pembelajaran untuk menginterpretasikan hakikat fisika. Salah satu metode yang tepat adalah metode eksperimen, sehingga jika dipadukan antara model kooperatif tipe TTW (thinktalk-write) dan metode eksperimen maka terjadilah suatu kombinasi yang baik antara hakikat fisika tersebut sehingga diharapkan siswa lebih aktif dalam aktivitas belajarnya dan mampu meningkatkan hasil belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think-Talk Write) dengan metode eksperimen terhadap sikap ilmiah siswa kelas X di MAN 1 Jember. (2) Mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think-Talk Write) dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X di MAN 1 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan dengan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Jember. Populasi vii dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di MAN 1 Jember yang tediri dari sembilan kelas yaitu kelas X-A, X-B, X-C, X-D, X-E, X-F, X-G, X-H, X-I. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X-B dan X-D yang ditentukan dengan metode cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan randomized post-test only control group design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah data sikap ilmiah berupa angket, dan hasil belajar beupa tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Independent-Sample T-test dengan uji pihak kanan dengan bantuan SPSS 16 (Statistic Package for Sosial Science) untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dan kedua. Analisis data sikap ilmiah menggunakan Independent-Sample T-test pengujian hipotesis pihak kanan, hasil penelitian diperoleh signifikansi (1-tailed) sebesar 0,000. Jadi nilai sig < 0,05 maka hipotesis nihil (H ) ditolak dan hipotesis alternatif (H a viii 0 ) diterima, maka dapat disimpulkan bahwa skor sikap ilmiah kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think-Talk Write) dengan metode eksperimen berpengaruh terhadap sikap ilmiah siswa kelas X di MAN 1 Jember. Analisis data hasil belajar menggunakan Independent-Sample T-test pengujian hipotesis pihak kanan, hasil penelitian diperoleh signifikansi (1-tailed) sebesar 0,0005. Jadi nilai sig < 0,05 maka hipotesis nihil (H ) ditolak dan hipotesis alternatif (H ) diterima, maka dapat disimpulkan bahwa skor hasil belajar fisika kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think-Talk Write) dengan metode eksperimen berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X di MAN 1 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11908
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository