PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI PENGUASAAN GRAMMAR DI SMP IT SYARIF HIDAYATULLAH JEMBER
Abstract
Bahasa merupakan salah satu peranan penting untuk berkomunikasi
dengan orang lain. Bahasa juga memiliki peranan sentral dalam perkembangan
intelektual, sosial, dan emosional siswa, dan merupakan kunci penentu
keberhasilan. Praktek ini bertujuan untuk mengetahui peranan serta pengaruh guru
terhadap anak didiknya dengan metode penguasaan grammar. Bahasa adalah
kebiasaan, semakin kerap digunakan maka semakin cepat seseorang menguasai
bahasa tersebut. Rendahnya hasil belajar siswa dapat disebabkan oleh banyak
faktor. Untuk penguasaan bahasa Inggris serta penggunaannya yang baik dan
benar sesuai dengan kaidah yang ada, baik dalam percakapan yang bersifat formal
maupun tulisan maka diperlukan pengetahuan luas yang mencakup beberapa hal,
diantaranya grammar. Penguasaan grammar merupakan salah satu kendala bagi
siswa dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris. Oleh karena itu, peranan
serta pengaruh guru sangat dibutuhkan untuk membantu anak didiknya dalam
menguasai meteri yang diberikan kepada anak-anak. Disini guru dituntut untuk
bersikap profesional dalam pengajarannya, serta dituntut untuk secara terusmenerus
meningkatkan
mutu/
kualitas
pengajarannya,
pengembagan
pengetahuan,
keterampilan
dan
mutu
layanannya.