Determinan Kinerja Pemasaran Melalui Inovasi Produk pada UMKM di Wilayah Sentra Perikanan Kabupaten Jember
Abstract
Lingkungan bisnis yang ketat dan sangat dinamis menuntut UMKM untuk terus 
dapat menemukan ide baru dan menciptakan inovasi produk untuk memenangkan 
pasar. Komponen orientasi strategis yang terdiri dari orientasi pasar, orientasi 
teknologi dan orientasi kewirausahaan dapat merangsang lahirnya inovasi produk 
sehingga UMKM dapat meningkatkan kinerja pemasarannya. Penelitian ini 
bertujuan untuk menganalisis dan membahas pengaruh orientasi pasar, orientasi 
teknologi dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran dengan inovasi 
produk sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh 
UMKM di wilayah sentra perikanan Kabupaten Jember. Metode pengambilan 
sampel adalah sampling jenuh yang dilakukan pada 63 UMKM. Metode 
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara terstuktur dengan 
bantuan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Partial Least 
Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua komponen orientasi 
strategis secara parsial berpengaruh signifikan terhadap inovasi produk, namun 
hanya orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan yang berpengaruh signifikan 
secara parsial terhadap kinerja pemasaran. Inovasi produk memediasi pengaruh
orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadapa kinerja pemasaran, namun 
tidak dapat memediasi pengaruh orientasi teknologi terhadap kinerja pemasaran.
Collections
- MT-Management [555]