Determinan Kinerja Pemasaran Melalui Inovasi Produk pada UMKM di Wilayah Sentra Perikanan Kabupaten Jember
Abstract
Lingkungan bisnis yang ketat dan sangat dinamis menuntut UMKM untuk terus
dapat menemukan ide baru dan menciptakan inovasi produk untuk memenangkan
pasar. Komponen orientasi strategis yang terdiri dari orientasi pasar, orientasi
teknologi dan orientasi kewirausahaan dapat merangsang lahirnya inovasi produk
sehingga UMKM dapat meningkatkan kinerja pemasarannya. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis dan membahas pengaruh orientasi pasar, orientasi
teknologi dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran dengan inovasi
produk sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
UMKM di wilayah sentra perikanan Kabupaten Jember. Metode pengambilan
sampel adalah sampling jenuh yang dilakukan pada 63 UMKM. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara terstuktur dengan
bantuan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Partial Least
Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua komponen orientasi
strategis secara parsial berpengaruh signifikan terhadap inovasi produk, namun
hanya orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan yang berpengaruh signifikan
secara parsial terhadap kinerja pemasaran. Inovasi produk memediasi pengaruh
orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadapa kinerja pemasaran, namun
tidak dapat memediasi pengaruh orientasi teknologi terhadap kinerja pemasaran.
Collections
- MT-Management [539]