Pengembangan E-LKPD Interaktif Menggunakan Liveworksheets pada Pokok Bahasan Barisan dan Deret untuk Mengidentifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil pengembangan E-LKPD menggunakan Liveworksheets pada pokok bahasan Barisan dan Deret dapat mengidentifikasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA. Kemampuan berpikir kritis penting untuk menghadapi abad 21 khususnya pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang bertujuan untuk menghasilkan produk E-LKPD valid, praktis, dan efektif sehingga dapat digunakan untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas X. Tempat uji coba dilakukan di SMA N 1 Probolinggo karena sekolah belum pernah mengembangkan E-LKPD. Subjek uji coba ini adalah seluruh siswa di kelas X-A SMAN 1 Probolinggo yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data berupa wawancara, tes, observasi, dan angket. Hasil penelitian menghasilkan produk yang valid, efektif, dan sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran matematika