Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot Dengan Model Pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skills) Dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA
Abstract
Permasalahan yang menghambat pencapaian tujuan pembelajaran adalah
lemahnya proses pembelajaran. Guru dapat menggunakan pemanfaatan teknologi
dalam kegiatan pembelajaran, salah satu upaya yang dapat dilakukan penggunaan
media pembelajaran Kahoot dengan model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media
pembelajaran kahoot dengan model pembelajaran problem based learning
terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini
menggunakan metode quasi eksperimen dengan melibatkan dua kelas X MIPA
sebagai sampel, satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas lainnya
sebagai kelas kontrol. Media pembelajaran Kahoot dengan model pembelajaran
problem based learning diterapkan pada kelas eksperimen sedangkan kelas
kontrol diteapkan metode pembelajaran konvensional. Teknik analisis data
kemampuan berpikir tingkat tinggi menggunakan uji Independent Sample t-test
dan hasil belajar siswa menggunakan uji ANAKOVA. Hasil penelitian
menunjukkan menunjukkan nilai signifikan (p<0,05) untuk kemampuan berpikir
tingkat tinggi dan hasil belajar. Artinya terdapat pengaruh penggunaan media
pembelajaran Kahoot dengan model pembelajaran Problem Based Learning
dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar biologi
siswa SMA.
Kata Kunci: kahoot, problem based learning, kemampuan berpikir tingkat tinggi,
hasil belajar