Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Nilai-nilai Pancasila pada Tema 5 Subtema 1 untuk Peserta Didik Kelas 5 SDN Bintoro 02 Jember
Abstract
Media video pembelajaran bermateri nilai-nilai Pancasila dapat membantu guru dalam menyampaikan nilai-nilai Pancasila, sebab terdapat beberapa problematika dalam implementasi nilai-nilai Pancasila pada peserta didik SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan pengembangan media video pembelajaran berbasis nilai-nilai Pancasila pada tema 5 subtema 1 untuk peserta didik kelas V SDN Bintoro 02 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) oleh Borg and Gall. Hasil uji kevalidan produk mendapat skor 82,8 (sangat layak), hasil uji keefektifan produk menunjukkan nilai t-test lebih besar dari pada t tabel (9,236 > 2,018), sedangkan hasil uji keefektifan relatif mendapat skor 78,9% (keefektifan tinggi), dan juga uji kepraktisan produk mendapatkan skor 93,75 (sangat praktis). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran berbasis nilai-nilai Pancasila valid, efektif, dan praktis untuk diimplementasikan.