Show simple item record

dc.contributor.authorIFARDA, Anggi Laradianis
dc.date.accessioned2023-12-05T22:38:36Z
dc.date.available2023-12-05T22:38:36Z
dc.date.issued2023-05-31
dc.identifier.nim180210101152en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118974
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_november_2023_13; Finalisasi oleh Taufik Tgl. 6 Desember 2023en_US
dc.description.abstractKeterampilan pemecahan masalah merupakan aspek penting dalam mata pelajaran matematika tingkat SMA. Peserta didik membutuhkan kemampuan pemecahan masalah dalam kegiatan pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan kompetensi. Kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan menyelesaikan masalah menggunakan langkah-langkah pengerjaan yang tepat. Salah satu materi pada pembelajaran matematika yang membutuhkan kemampuan pemecahan masalah dengan tahapan Polya adalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa ada kemampuan pemecahan masalah peserta didik di sekolah yang masih tergolong rendah, sehingga diperlukan adanya penggunaan model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang dapat digunakan untuk menilai kemampuan pemecahan masalah matematika. Oleh karena itu, penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dalam kegiatan pembelajaran diharapkan dapat membantu pemecahan masalah matematika peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan pemecahan masalah peserta didik SMAN 3 Jember pada materi SPLTV melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif karena data yang disajikan berbentuk kata tertulis. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X06. Pengambilan data dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023, tepatnya pada tanggal 16 Februari dan 01 Maret 2023. Tahapan kegiatan penelitian ini adalah melakukan studi pendahuluan, menyusun rancangan penelitian, berkoordinasi dengan guru matematika dan menentukan subjek penelitian. Tahap selanjutnya membuat instrumen penelitian yang terdiri dari RPP, LKPD, soal tes, dan pedoman wawancara. Validasi instrumen dilakukan untuk menguji kelayakan instrumen penelitian. Setelah validator melakukan penilaian pada lembar validasi, langkah berikutnya adalah melakukan perhitungan untuk memperoleh nilai rata-rata validasi. Setelah instrumen valid, dilaksanakan pembelajaran menggunakan LKPD dengan model pembelajaran Project Based Learning pada 34 peserta didik yang terbagi menjadi 9 kelompok, kemudian dilakukan pengumpulan data dengan metode tes yang diikuti oleh 32 peserta didik, selanjutnya dilakukan wawancara untuk memperoleh informasi tambahan dari subjek dalam proses analisis data. Wawancara dilakukan pada 6 subjek yang bertujuan untuk mengetahui lebih dalam proses pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal tes. Kemudian dilakukan analisis data untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data hasil wawancara untuk memperkuat hasil dari tes kemampuan pemecahan masalah dengan langkah Polya. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik SMAN 3 Jember di kelas X-06 memperoleh hasil yang baik. Peserta didik menjadi lebih paham dan dapat menyampaikan pemahaman terkait permasalahan, serta proses penyelesaiannya. Hal ini dapat dilihat dari proses pekerjaan peserta didik yang sesuai dengan indikator kemampuan pemecahan masalah matematika dengan teori Polya. Dari hasil analisis data penerapan LKPD, soal tes, dan wawancara 6 peserta didik diperoleh bahwa terdapat bahwa terdapat 5 peserta didik dalam tingkat keempat yaitu memenuhi semua tahapan Polya dan 1 peserta didik dalam tingkat kedua yaitu hanya memenuhi satu tahapan Polya untuk kemampuan pemecahan masalah matematika.en_US
dc.description.sponsorshipSusi Setiawani, S.Si., M.Sc. ; Rafiantika Megahnia Prihandini, S.Pd., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAHen_US
dc.subjectTAHAPAN POLYAen_US
dc.subjectPROJECT BASED LEARNINGen_US
dc.subjectMODEL PEMBELAJARANen_US
dc.titleAnalisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learningen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Susi Setiawani, S.Si., M.Sc.en_US
dc.identifier.pembimbing2Rafiantika Megahnia Prihandini, S.Pd., M.Si.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_november_2023_13en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record