Go-Jek Versi Kamu: Kunti (Kajian Hiperealitas dalam Iklan Gojek)
Abstract
Banyak media yang bisa menjadi tempat untuk membagikan iklan, mulai
dari media cetak dan media non cetak. Pada zaman modern ini banyak ide-ide
iklan kreatif yang disampaikan salah satunya iklan jasa Gojek. Gojek adalah salah
satu perusahaan teknologi yang menawarkan jasa angkutan melalui ojek online.
Iklan Gojek yang berjudul GO-JEK Versi Kamu: Kunti adalah salah satu iklan
yang menggambarkan kuntilanak sebagai pengguna Gojek. Berdasarkan isi iklan
ini, terdapat hiperealitas dimana pengguna Gojek pada umumnya yakni manusia
digantikan oleh kuntilanak.
Metode yang digunakan yakni pendekatan kualitatif dengan analisis
tekstual secara interpretatif. karena objek materialnya adalah iklan yang
merupakan teks visual. Objek material pada penelitian ini adalah iklan GO-JEK
Versi Kamu: Kunti dan objek formal berupa teori hiperealitas Baudrillard. Sumber
data yang digunakan yakni sumber data primer ialah iklan GO-JEK Versi Kamu:
Kunti yang diakses dari YouTube sedangkan data sekundernya berupa artikel,
berita, dan komentar pada kanal youtube maupun media sosial lain yang berkaitan
dengan iklan.
Hasil dari penelitian ini adalah penggambaran kuntilanak dalam iklan GOJEK Versi Kamu: Kunti. Iklan ini menawarkan realitas palsu yang diluar
kenyataan, akan tetapi penonton iklan ini menerima pesan ternyata kuntilanak
juga memakai aplikasi Gojek. Mise en scène dalam iklan ini merupakan simulacra
yang berarti citra material tanpa memiliki subtansi, hanya citra (gambaran) yang
kurang menunjukkan sesuatu yang nyata. Kemudian membentuk simulasi realitas
kuntilanak dalam iklan ini. Tujuan membentuk hiperealitas dalam iklan ini adalah
membangkitkan hasrat untuk mengkonsumsi jasa Gojek dengan sosok kuntilanak
yang dekat dengan masyarakat Indonesia dan beredarnya cerita-cerita tukang ojek
yang membonceng kuntilanak.