Show simple item record

dc.contributor.authorFRANSISCA, Cindy Olivia
dc.date.accessioned2023-12-04T06:25:32Z
dc.date.available2023-12-04T06:25:32Z
dc.date.issued2023-06-23
dc.identifier.nim160210101097en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118890
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_november_2023_1; Finalisasi oleh Taufik Tgl.4 Desember 2023en_US
dc.description.abstractPendidikan pada saat ini dipandang sebagai sebuah kebutuhan penting manusia, selain itu pendidikan juga memiliki peranan penting dalam kemajuan sebuah negara karena pendidikan merupakan faktor utama dalam memajukan sumber daya manusia. Pendidikan juga dapat diartikan suatu usaha yang dilakukan oleh seorang pendidik kepada peserta didik untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Matematika mempelajari tentang berbagai penyelesaian masalah yang membutuhkan perhitungan, untuk itu diperlukan angkaangka untuk menyatakan hasil dari sebuah operasi hitung, rumus-rumus untuk menghitung sesuatu yang sedang dicari, dan simbol-simbol yang digunakan untuk menyimbolkan atau menyederhanakan unsur-unsur yang ada. Geometri adalah salah satu sistem dalam matematika yang berawal dari sebuah konsep pangkal yaitu titik. Kemudian titik-titik digunakan untuk membentuk garis dan garis akan menyusun bidang (Prihandoko, 2006). Menurut Alders dan Soemantri (1980) materi geometri adalah materi yang mempelajari tentang bentuk, ruang, sudut, komposisi beserta sifat-sifatnya, ukuran-ukurannya, dan hubungan antara satu dengan yang lain. Etnomatematika merupakan suatu konsep matematika yang tertuang dalam sebuah budaya. Dalam mempelajari sebuah materi siswa membutuhkan media pembelajaran yang mudah dipahami. Sehingga untuk mempermudah pemahaman siswa maka perlu menggunakan contoh yang sesuai dengan kondisi lingkungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrument observasi dan instrument wawancara. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode observasi dan wawancara. Pengumpulan etnomatematika Tari Labako pada tanggal 20 Juni 2023 di Sanggar Kartika Budaya Ambulu. Hasil analis data menunjukkan bahwa terdapat konsep geometri pada etnomatematika Tari Labako, meliputi konsep titik, konsep garis, konsep bangun datar, dan konsep transformasi geometri.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Susanto, M.Pd.; Randi Pratama Murtikusuma, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectETNOMATEMATIKAen_US
dc.subjectGEOMETRIen_US
dc.subjectTARI LABAKOen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN MATEMATIKAen_US
dc.titleEtnomatematika pada Tari Labako Berdasarkan Konsep Geometrien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Susanto, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Randi Pratama Murtikusuma, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_november_2023_1en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record