Evaluasi Kinerja Guru Mata Pelajaran Sejarah dengan Model The Danielson Framework di MAN 2 Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja guru mata pelajaran Sejarah dalam aspek persiapan dan perencanaan pembelajaran, pengelolaan kelas, pelaksanaan pembelajaran, dan tanggung jawab profesional lainnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kuantitatif melalui pendekatan penelitian evaluasi dengan model The Danielson Framework. Responden dan objek penelitian adalah 3 (tiga) orang guru mata pelajaran Sejarah di MAN 2 Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan 72 item pernyataan dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru pada aspek persiapan dan perencanaan pembelajaran tergolong baik (83,35%), aspek pengelolaan kelas tergolong sangat baik (83,82%), aspek pelaksanaan pembelajaran tergolong sangat baik (88,22%), dan aspek tanggung jawab profesional lainnya tergolong baik (87,83%). Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa kinerja guru mata pelajaran Sejarah pada seluruh aspek model Kerangka Kerja Danielson berada pada kategori baik (85,80%). Melalui hasil penelitian ini, guru diharapkan dapat meningkatkan dan mengembangkan kinerja guru yang lebih profesional dan sekolah diharapkan untuk selalu mendorong dan memfasilitasi guru dalam meningkatkan profesionalitasnya.