Kemampuan Membaca Puisi Anak "Malam Tiba" Karya Ibu Sud Oleh Siswa Kelas II SD Negeri Curahpoh 1 Bondowoso Pada Tema 5 Subtema 1
Abstract
Puisi merupakan karya sastra mengandung ungkapan dengan bahasa imajinatif, kata-kata yang indah, serta kaya makna. Permasalahan siswa yang terjadi pada saat membaca puisi adalah pelafalan yang monoton, belum menghayati isi puisi, lafal dan tempo dalam membaca puisi belum benar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan membaca puisi dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca puisi siswa kelas II SD Negeri Curahpoh 1 Bondowoso. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 38 siswa kelas II SD Negeri Curahpoh 1 Bondowoso. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Teknis analisis data menggunakan analisis data statistik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu kemampuan membaca puisi siswa kelas II SD Negeri Curahpoh 1 Bondowoso masuk kategori cukup. Kategori kemampuan membaca puisi siswa yaitu terdapat 2 siswa masuk kategori sangat baik dengan persentase 5,26%; terdapat 9 siswa masuk kategori baik dengan persentase 23,68%; terdapat 19 siswa masuk kategori cukup dengan persentase 50%; dan terdapat 8 siswa masuk kategori kurang dengan persentase 29,09%. Faktor-faktor yang yang mempengaruhi kemampuan membaca siswa tersebut yaitu faktor internal yang terdiri atas minat, bakat, motivasi, rasa percaya diri, rasa malu, rasa takut, terburu-buru, kelancaran membacanya, serta kefokusan siswa, serta faktor eksternal yang terdiri atas lingkungan sekolah.