Perancangan Risk Register dan Risk Response pada Proses Produksi Kapal Baru Menggunakan Probability Impact Matrix
Abstract
Proyek pembangunan kapal baru sering mengalami keterlambatan dari
schedule yang sudah direncanakan akibat risiko-risiko yang berpengaruh sehingga
proses delivery kapal mengalami kemunduran. Sama halnya dengan proyek
pembangunan Kapal Bantu Rumah Sakit di PT. PAL Indonesia, dalam
pengerjaannya pembangunan tersebut diketahui mengalami keterlambatan dari
perencanaan pembangunan. Oleh karena itu, dibutuhkan analisis risiko dan
pengendalian dalam manajemen risiko proyek. Penelitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasi risiko operasinal, mengetahui risiko operasional dominan serta
melakukan pengendalian terhadap risiko yang terjadi. Dalam penelitian ini
dilakukan analisis risiko operasional pada 5 bagian produksi Hull Construction
yaitu Fabrikasi, Sub-Assembly, Main Panel Line, Curve Block Line, dan Erection.
Penelitian ini menggunakan metode probability impact matrix yang didasarkan
pada penilaian probability dan impact dari risiko yang sudah teridentifikasi.
Penelitian ini juga merancang risk register dan risk response dari risiko yang sudah
dianalisis. Dari hasil penelitian dapat diidentifikasi adanya 67 kejadian risiko
diantaranya 12 kejadian risiko dari Fabrikasi, 11 kejadian risiko dari Sub-Assembly,
14 kejadian risiko dari Main Panel Line, 14 risiko dari Curve Block Line, dan 16
kejadian risiko dari Erection. Kuisioner disusun untuk mengetahui nilai risiko
dengan menggunakan probability impact matrix. Terdapat 6 risiko dengan kategori
low, 40 risiko dengan kategori medium, dan 21 risiko dengan kategori high yang
menjadi risiko dominan yang berpengaruh terhadap keterlambatan proyek.
Kemudian dilanjutkan dengan strategi risk response didapat 48 risiko dengan
respon risiko mitigate, termasuk didalamnya 21 risiko dominan dan 19 risiko
dengan respon risiko accept.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4089]