• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perancangan Risk Register dan Risk Response pada Proses Produksi Kapal Baru Menggunakan Probability Impact Matrix

    Thumbnail
    View/Open
    Ulul Azmi_Skripsi.pdf (946.6Kb)
    Date
    2023-06-05
    Author
    AZMI, Ulul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proyek pembangunan kapal baru sering mengalami keterlambatan dari schedule yang sudah direncanakan akibat risiko-risiko yang berpengaruh sehingga proses delivery kapal mengalami kemunduran. Sama halnya dengan proyek pembangunan Kapal Bantu Rumah Sakit di PT. PAL Indonesia, dalam pengerjaannya pembangunan tersebut diketahui mengalami keterlambatan dari perencanaan pembangunan. Oleh karena itu, dibutuhkan analisis risiko dan pengendalian dalam manajemen risiko proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi risiko operasinal, mengetahui risiko operasional dominan serta melakukan pengendalian terhadap risiko yang terjadi. Dalam penelitian ini dilakukan analisis risiko operasional pada 5 bagian produksi Hull Construction yaitu Fabrikasi, Sub-Assembly, Main Panel Line, Curve Block Line, dan Erection. Penelitian ini menggunakan metode probability impact matrix yang didasarkan pada penilaian probability dan impact dari risiko yang sudah teridentifikasi. Penelitian ini juga merancang risk register dan risk response dari risiko yang sudah dianalisis. Dari hasil penelitian dapat diidentifikasi adanya 67 kejadian risiko diantaranya 12 kejadian risiko dari Fabrikasi, 11 kejadian risiko dari Sub-Assembly, 14 kejadian risiko dari Main Panel Line, 14 risiko dari Curve Block Line, dan 16 kejadian risiko dari Erection. Kuisioner disusun untuk mengetahui nilai risiko dengan menggunakan probability impact matrix. Terdapat 6 risiko dengan kategori low, 40 risiko dengan kategori medium, dan 21 risiko dengan kategori high yang menjadi risiko dominan yang berpengaruh terhadap keterlambatan proyek. Kemudian dilanjutkan dengan strategi risk response didapat 48 risiko dengan respon risiko mitigate, termasuk didalamnya 21 risiko dominan dan 19 risiko dengan respon risiko accept.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118845
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4312]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository