Pengembangan Buku Ajar Berbasis Pendidikan Mitigasi Tema 5 Subtema 3 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas III Sekolah Dasar
Abstract
Pendidikan mitigasi perlu diberikan kepada masyarakat sebagai wawasan penanganan saat bencana terjadi. Pendidikan mitigasi dapat diberikan kepada peserta didik di kelas melalui pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar berbasis pendidikan mitigasi untuk bencana erupsi gunung api. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model Borg and Gall yang terdiri dari 8 langkah penelitian. Metode yang digunakan adalah wawancara, validasi, tes hasil belajar dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitaif dan deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa buku ajar yang dikembangkan dari aspek desain, materi dan bahasa memperoleh skor validitas 82,28 dengan kategori sangat layak. Kemudian, persentase hasil belajar memperoleh skor 86,21% dengan kategori baik dan persentase respon peserta didik memperoleh skor 80,2 dengan kategori praktis. Maka buku ajar yang dikembangkan efektif dan praktis digunakan dalam pembelajaran peserta didik kelas III sekolah dasar.