Pengembangan E-LKPD Berbasis Liveworksheet Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa SMP pada Pembelajaran IPA Materi Suhu, Kalor dan Pemuaian
Abstract
Pembelajaran IPA merupakan kegiatan belajar mengajar yang memberikan pengalaman secara langsung untuk memungkinkan peserta didik meningkatkan keterampilan berpikir, bekerja, ilmiah dan komunikasi, yang merupakan aspek terpenting dari proses pemecahan masalah. Keterampilan HOTS dalam kegiatan pembelajaran mempunyai peranan yang penting karena keterampilan HOTS dapat memberikan peningkatan kemampuan siswa untuk bersaing pada tingkatan pendidikan yang lebih tinggi lagi. Faktanya keterampilan HOTS peserta didik SMP dalam pembelajaran IPA masih rendah. Salah satu faktor penyebab rendahnya keterampilan HOTS peserta didik adalah ketersediaan sumber belajar. Mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan bahan ajar yang inovatif dan mampu untuk meningkatkan keterampilan HOTS peserta didik yaitu dengan mengembangkan E-LKPD berbasis liveworksheet. E-LKPD adalah perangkat pembelajaran yang didalamnya berisi ringkasan materi dan pertanyaan yang dikemas dalam bentuk elektronik menggunakan bantuan smartphone, laptop, dan komputer. Liveworksheet adalah sebuah platform yang berbentuk situs web yang menyediakan layanan bagi guru untuk membuat maupun menggunakan E-LKPD yang dilakukan secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan keefektifan E-LKPD berbasis liveworksheet untuk meningkatkan HOTS peserta didik pada pembelajaran IPA. Penelitian pengembangan dengan menerapkan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: analyze, design, develop, implement dan evaluate. Teknik analisis data menggunakan lembar validasi untuk mengetahui tingkat kevalidan produk. Teknik analisis data kepraktisan dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengetahui kepraktisan produk yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Teknik analisis data efektivitas dengan menggunakan tes berupa pretest dan posttest untuk mengetahui efektivitas produk yang digunakan dalam meningkatkan HOTS siswa yang diukur dengan menggunakan N-gain, serta menggunakan instrument angket respon siswa yang diberikan setelah menggunakan produk E-LKPD berbasis liveworksheet.
E-LKPD berbasis liveworksheet yang telah divalidasi oleh ketiga validator memperoleh rata-rata presentase sebesar 91% dengan kriteria sangat valid, yang artinya E-LKPD telah valid dan dapat digunakan dalam uji coba produk. Hasil kepraktisan E-LKPD berbasis liveworksheet dengan menggunakan instrument lembar keterlaksanan yang dilakukan oleh tiga observer memperoleh rata-rata presentase sebesar 95% dengan kriteria sangat praktis sehingga kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat terlaksana dengan baik. Hasil efektivitas E-LKPD berbasis liveworksheet dapat dilihat dari rata-rata nilai pretest dan posttest yang menggunakan indikator HOTS menunjukkan peningkatan dengan nilai N-gain sebesar 0,71 yang termasuk berkategori tinggi, yang artinya setelah menggunakan produk yang dikembangkan siswa mengalami sebuah peningkatan keterampilan HOTSnya. Efektivitas produk yang dikembangkan dengan menggunakan angket respon siswa mendapatkan respon positif dengan nilai sebesar 90% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan dalam penelitian yang dilakukan yaitu produk E-LKPD berbasis liveworksheet untuk meningkatkan HOTS siswa SMP dalam pembelajaran IPA pada materi suhu, kalor dan pemuaian menunjukkan hasil validitas dengan kategori valid, praktis serta efektif. Produk E-LKPD berbasis liveworksheet dapat digunakan dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan HOTS siswa SMP.