Pengaruh Price dan Online Advertising terhadap Repurchase Intention Produk Fashion dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening pada Konsumen E-commerce Shopee di Jawa Timur
Abstract
Seiring berjalannya waktu perkembangan e-commerce di Indonesia
meningkat, tentunya hal ini juga dapat mempengaruhi persaingan bisnis yang
semakin ketat. Hal ini menjadi pertimbangan yang cukup penting bagi setiap
pebisnis untuk dapat mempertahankan konsumennya agar tidak berpaling
menggunakan e-commerce lain. Berbagai cara yang dapat dilakukan yaitu dengan
memperhatikan price, online advertising maupun customer satisfaction dengan
harapan konsumen memiliki minat untuk melakukan pembelian ulang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah price
dan online advertising berpengaruh terhadap repurchase intention dimediasi
customer satisfaction pada konsumen produk fashion e-commerce Shopee di Jawa
Timur. Rancangan penelitian ini yaitu explanatory research. Populasi dalam
penelitian adalah konsumen produk fashion e-commerce Shopee di Jawa Timur
dengan jumlah sampel 230 responden. Metode analisis data pada penelitian ini
menggunakan analisis Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software
SmartPLS 4.0.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) price berpengaruh
signifikan terhadap customer satisfaction, 2) online advertising berpengaruh
signifikan terhadap customer satisfaction, 3) price berpengaruh signifikan terhadap
repurchase intention, 4) online advertising berpengaruh signifikan terhadap
repurchase intention, 5) customer satisfaction berpengaruh signifikan terhadap
repurchase intention, 6) price berpengaruh signifikan terhadap repurchase
intention dimediasi customer satisfaction, 7) online advertising berpengaruh
signifikan terhadap repurchase intention dimediasi customer satisfaction.