Show simple item record

dc.contributor.authorPRAMANA, Avelia Putri Elka
dc.date.accessioned2023-11-09T07:16:35Z
dc.date.available2023-11-09T07:16:35Z
dc.date.issued2023-06-22
dc.identifier.nim162410101118en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118676
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_oktober_2023_13 Finalisasi unggah file repositori tanggal 9 November 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractLearning Management System merupakan media pembelajaran jarak jauh yang digunakan di sekolah. SMAN 2 Bondowoso telah menerapkan Learning Management System berbasis web sejak pertengahan tahun 2020 dengan nama LMS-SIGAP. LMS-SIGAP memiliki fitur seperti seperti virtual classroom yang bisa dipersonalisasi tampilannya, penugasan, ujian dan atau kuis dengan penilaian otomatis untuk pilihan ganda dan jawaban singkat, presensi harian murid, chat person-to-person, kalender akademik yang menampilkan jadwal dalam bentuk kalender setiap bulannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas situs LMS-SIGP berdasarkan persepsi penggunanya serta mengetahui aspek apa saja yang belum sesuai dengan hrpn pengguna. Evaluasi kualitas situs LMS-SIGAP dilakukan menggunakan 22 instrumen dari WebQual 4.0 sebagai acuan dasar untuk pembuatan kuesioner. Kuesioner dibagi menjadi dua yakni 22 pernyataan penilaian kinerja dan 22 pernyataan penilaian kepentingan. Kuesioner akan dilakukan uji validitas serta reliabilitas untuk melihat kelayakan dari seluruh item yang digunakan. Analisis data hasil kuesioner digunakan untuk mengetahui nilai WebQual Index dan nilai kesenjangan antara tingkat kinerja dengan harapan dari pengguna. Analisis kuadran dilakukan dengan metode Importance Performance Analysis (IPA), hasilnya membagi item WebQual 4.0 menjadi 4 bagian kuadran. Item yang masuk ke dalam kuadran I diperlukan adanya peningkatan kinerja, karena kinerja yang ada saat ini tidak bisa memenuhi harapan dari pengguna. Rekomendasi disususn berdasarkan instrumen yang ada di dalam kuadran I. Berdasarkan hasil analisis, nilai WQI LMS-SIGAP adalah 0,78 yang dapat berarti pengguna menilai bahwa situs LMS-SIGAP sudah baik menurut pengguna , meskipun semua nilai kesenjangannya bernilai negatif yang mengindikasikan masih ada ruang untuk peningkatan kualitas situs agar dapat memenuhi harapan pengguna. Berdasarkan analisis kuadran diperoleh hasil bahwa peningkatan kinerja diprioritaskan pada aspek interaksi yang jelas dan mudah dimengerti, situs mudah untuk dioperasikan, informasi yang disajikan detail, jaminan perlindungan data pribadi, kualitas situs sesuai dengan yang dijanjikan.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing utama : Windi Eka Yulia Retnani, S.Kom.,MT Dosen Pembimbing anggota : Beny Prasetyo, S.Kom., M.Komen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Komputeren_US
dc.subjectWebqual 4.0en_US
dc.subjectAplikasi E-Learningen_US
dc.subjectImportance Performance Analysisen_US
dc.subjectLearning Management Systemen_US
dc.subjectSMAN 2 Bondowosoen_US
dc.titleEvaluasi Kualitas Layanan LMS-SIGAP Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA) :Studi Kasus: SMAN 2 Bondowosoen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.typeOtheren_US
dc.identifier.prodiSistem Informasien_US
dc.identifier.pembimbing1Windi Eka Yulia Retnani, S.Kom.,MTen_US
dc.identifier.pembimbing2Beny Prasetyo, S.Kom., M.Komen_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_oktober_2023_13en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record