Kolaborasi Antara Stakeholders dengan GM Production Indonesia dalam Pelaksanaan Event Perjalanan Insentif
Abstract
Perkembangan industri MICE (meeting, incentive, convention, and 
exhibition) di Indonesia sangat berkembang pesat dan memiliki potensi besar dalam 
pengembangan industri pariwisata. Salah satunya yakni jenis event incentive atau
perjalanan insentif. pada event ini merupakan suatu kegiatan yang biasa dilakukan 
oleh beberapa perusahaan sebagai bentuk apresiasi untuk memberikan reward 
berupa perjalanan wisata. Selama kegiatan tersebut adapun dinner yang dikemas 
dengan penyampaian program kerja serta dipergunakan sebagai dinner dengan 
mendatangkan motivator untuk memberikan motivasi kepada para peserta 
perjalanan insentif dan juga game untuk dijadikan semangat dalam bekerja kembali 
setelah sepulang dari kegiatan perjalanan insentif ini.
Pada pelaksanaan event perjalanan insentif even t organizer tidak akan bisa 
berjalan sendiri tanpa adanya bantuan dari pihak stakeholders yang tergabung dan 
membantu selama event ini berjalan. Adapun pihak stakeholders yang berkaitan 
dengan event incentive ini yakni hotel, obyek wisata, akomodasi, tempat oleh-oleh, 
tempat makan, serta pihak entertainment yang terdiri dari MC, penari, band, dan 
motivator. 
Pada laporan praktik kerja nyata ini penulis menggunakan metode deskriptif 
kualitatif dengan menjelaskan data yang diperoleh dari observasi selama praktik 
kerja nyata yang berlangsung di GM Production Indonesia yang terlerak di 
Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada 9 Januari – 9 Juni 2023, 
dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, studi pustaka, 
wawancara, serta dokumentasi. 
Pada dasarnya dalam pelaksanaan perjalanan insentif GM Production Indonesia 
telah menerapkan mekanisme pengelolaan yaitu: menerima informasi dari marketing, 
survey dan bertemu dengan stakeholders membuat konsep kegiatan, meeting penyampaian 
proposal, presentasi, negosiasi, dealing menyusun budgeting, follow up dengan 
stakeholders, pelaksanaan, reporting, dan evaluasi. Selain itu adapun mekanaisme 
pelaksanaan perjalanan insentif yang melibatkan stakeholders antara lain: follow up, 
survey, penentuan budget, dealing, kemudian pelaksanaan.
Collections
- DP-Travel Agent [269]