Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 3 Jember dalam Memecahkan Masalah Aljabar Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent
Abstract
Koneksi matematika adalah hubungan antara topik matematika yang dipelajari dengan topik matematika lainnya, dengan mata pelajaran lain, dan dengan kehidupan sehari-hari. Koneksi matematis dianalisis dengan memperhatikan jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan koneksi matematis siswa kelas VIII dalam menyelesaikan masalah aljabar ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Jember. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 siswa kelas VIII dimana masing-masing siswa mewakili gaya kognitif field dependent dan field independent. Data penelitian dikumpulkan melalui tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menganalisis hasil tes, hasil wawancara, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif field dependent mampu memenuhi dua aspek koneksi matematis dalam menyelesaikan masalah aljabar. Aspek-aspek tersebut adalah koneksi matematis konsep operasi aljabar dengan konsep matematika dan koneksi matematis matematika konsep operasi aljabar dengan kehidupan sehari-hari. Siswa dengan gaya kognitif field independent mampu memenuhi semua aspek koneksi matematis dalam menyelesaikan masalah Aljabar, meskipun pada indikator tahap melihat kembali masih kurang teliti dalam memeriksa dan menyesuaikan antara kesimpulan dengan satuan yang ditanyakan dalam soal.