Strategi Guru dalam Mengenalkan Lambang Bilangan pada Anak Kelompok A di TK Dharma Wanita Bodang III Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023
Abstract
Strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan baik dapat berdampak
pada hasil belajar siswa dan semua tujuan pembelajaran yang ingin di capai dapat
tercapai secara optimal. Keberhasilan sebuah kegiatan pembelajaran salah satunya
dapat ditunjang dengan strategi yang tepat yang dilakukan oleh guru dalam setiap
kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini dilakukan di TK Dharma
Wanita Bodang III dikarenakan beberapa alasan. Salah satunya ialah melihat
murid di kelompok A sudah hafal dan paham mengenai lambang bilangan dari 1-
20. Dalam memperkenalkan konsep tentang bilangan dan lambang bilangan pada
anak usia dini, memerlukan teknik dan stimulus yang tepat bagi anak, dalam
berbagai kegiatan yang dilakukan anak harus berdasarkan pada prinsip
pembelajaran anak usia dini yaitu belajar sambil bermain. Jadi seluruh kegiatan
atau aktivitas dilakukan secara menyenangkan sehingga anak dapat lebih
konsentrasi dan tidak mudah merasa bosan dalam belajar.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Strategi Apa Saja Yang
Dilakukan Oleh Guru Kelas dalam Mengenalkan Lambang Bilangan Pada Anak
Kelompok A di TK Dharma Wanita Bodang III?” Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan strategi apa saja yang dilakukan oleh guru untuk
mengenalkan lambang bilangan pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita
Bodang III. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kualitatid, dimana penelitian ini dilakukan selama 1 minggu di TK
Dharma Wanita Bodang III. Sumber data yang diperoleh dari informasi kunci
yaitu kepala sekolah dan guru kelas. Metode pengumpulan data melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data melalui tahap
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Subjek dari penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah TK Dharma
Wanita Bodang III. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara,
dokumentasi dan observasi. Observasi dilakukan dengan mengamati berbagai
kegiatan yang diberikan oleh guru untuk mengenalkan lambang bilangan pada
anak ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung. Pengumpulan data melalui
proses wawancara dengan mewawancarai guru kelompok A. Pengumpulan data
dokumentasi berupa gambaran umum sekolah, profil sekolah dan guru, jumlah
anak kelompok A, proses kegiatan wawancara, kegiatan saat belajar mengajar
yang sedang berlangsung dikelompok A.
Berdasarkan hasil dari dari penelitian deskriptif kualitatif di TK Dharma
Wanita Bodang III dapat disimpulkan bahwa dalam mengenalkan lambang
bilangan pada anak kelompok A guru memiliki beberapa strategi pembelajaran
yang digunakan yakni diantaranya pertama metode pembelajaran yang di dalam
terdapat beberapa metode yang digunakan yakni metode demonstrasi, metode
tanya jawab, metode pemberian tugas dan metode bermain guru menggunakan
beberapa metode dalam kegiatan pembelajaran dengan tujuan agar anak dalam
mengikuti kegiatan pembelajaran tidak mudah bosan dan anak memiliki semangat
lebih dalam mengerjakan tugas yang diberikan. Kedua yakni sumber
pembelajaran, dalam mengenalkan lambang bilangan guru memiliki banyak
sumber pembelajaran yang dimiliki diantaranya puzle angka, stiker angka, dan
juga balok angka, dan yang ketiga yakni evaluasi dalam kegiatan pembelajaran
mengenalkan lambang bilangan pada anak guru melakukan kegiatan evaluasi agar
guru dapat mengetahui tingkatan pencapaian anak, apakah anak tersebut sudah
benar-benar memahami tentang lambang bilangan atau masih membutuhkan
kegiatan lanjutan.
Saran yang diberikan yaitu sebaiknya guru dalam melakukan kegiatan
pembelajaran tidak selalu menggunakan lembar kerja bagi anak karena dapat
membuat anak lebih mudah merasa bosan dan sebagai guru harus dapat membuat
kegiatan pembelajaran lebih berkreasi dan menyenangkan bagi anak.