Show simple item record

dc.contributor.authorHARIBUDIARTI, Dinda Yunita
dc.date.accessioned2023-11-06T04:44:26Z
dc.date.available2023-11-06T04:44:26Z
dc.date.issued2023-06-28
dc.identifier.nim160210104012en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118621
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_oktober_2023_19 Finalisasi unggah file repositori tanggal 6 November 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractIlmu pengetahuan alam adalah cabang ilmu yang mengkaji tentang objek atau gejala tentang alam. Ipa bukan hanya merupakan kumpulan pengetahuan makhluk hidup, tetapi membutuhkan kerja, cara berfikir dan cara memecahkan masalah. Pembelajaran IPA dapat memberikan pengalaman secara langsung, sehingga siswa dapat mempresentasikan konsep ipa dengan baik. Namun realitanya bahwa pada pembelajaran ipa pada saat ini kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Guru masih mengggunakan metode ceramah dan penugasan, sehingga siswa tersebut dianggap pasif dan siswa merasa bosan dalam pembelajaran yang monoton. Sehingga dipelukan suatu model pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif, membuat siswa bekerja sama satu sama lain dan siswa dapat melakukan percobaan dalam pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif tipe stad lebih mengarahkan siswa untuk bekerja sama satu sama lain untuk lebih memahami dan dapat mempresentasikan konsep ipa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad disertai lkpd terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Jenis penelitian yaitu quasi eksperimen dengan bentuk desain Pretest and Postest with Non Equivalent Control Group Design dan sampel yang dipilih adalah kelas VIII A untuk kelas eksperimen dan kelas VIII D kelas kontrol. Tempat penelitian di SMPN 1 Kalipuro pada tahun ajaran 2021/2022. Teknis analisis data menggunakan soal pretest-postest. Hasil selisih nilai pretest-postest dianalisis menggunakan uji normalitas untuk mengetahui apakah data berdistribusi normal atau tidak. Jika data berdistribusi normal selanjutnya dilakukan uji hipotesis mengggunakan Uji Independent Sample T-Test. Hasil uji normalitas pada hasil belajar menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,53, maka nilai tersebut berdistribusi normal karena nilai Sig. (2-tailed) ≥ 0,05. Selanjutnya dilakukan uji Independent Sampel T-Test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,00, maka nilai tersebut Sig. (2- tailed) ≤ 0,05 menyatakan adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap hasil belajar siswa. Pada aktivitas belajar siswa menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Uji normalitas menggunakan skor siswa pada aktivitas belajar. Skor yang didapatkan 0,055 hal itu menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) ≥ 0,05 maka data tersebut berdistribusi normal. Pada uji hipotesis dilakukan uji Independent Sampel T-Test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,001, maka nilai tersebut Sig. (2-tailed) ≤ 0,05 menyatakan adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap aktivitas belajar siswa.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing utama : Dr.Sri Wahyuni, S.Pd.,M.Pd Dosen Pembimbing anggota : Aris Singgih Budiarso, S.Pd.,M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatifen_US
dc.subjectStudent Team Achievement Divisionen_US
dc.subjectPembelajaran IPAen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD disertai LKPD terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar pada Pembelajaran IPA di SMPen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr.Sri Wahyuni, S.Pd.,M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Aris Singgih Budiarso, S.Pd.,M.Pden_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_oktober_2023_19en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record