Pengenalan dan Promosi Kopi Indonesia di Mesir pada Tahun 2019-2021
Abstract
Kopi merupakan salah satu komoditas ekspor utama dalam industri perkebunan Indonesia. Ini dikarenakan beberapa hal, yang pertama, permintaan makanan olahan dan kopi masih banyak, terutama di pasar domestik yang berpenduduk lebih dari 200 juta jiwa dan merupakan pasar potensial. Kedua, pintu pengiriman terbuka, terutama untuk mendatangkan negara-negara di wilayah kontemporer seperti Asia Timur, Asia Selatan, Timur Tengah, dan Eropa Timur. Ketiga, sumber daya alam tropis yang melimpah dan lokasi strategis menawarkan potensi yang sangat besar bagi pertumbuhan agribisnis kopi. Diplomasi kopi merupakan salah satu strategi untuk mempromosikan kopi Indonesia ke dunia internasional. Selain itu, cita rasa kopi Indonesia yang khas mampu menggugah minat pasar global dalam upaya berkolaborasi. Seperti yang dilakukan Mesir pada 2017 hingga 2022 yang menjadikan Indonesia sebagai negara perdagangan biji kopi utama di antara berbagai negara. Artikel ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif yang akan mempresentasikan temuan studi metodologis yang dilakukan oleh Indonesia untuk memperkenalkan dan mempromosikan kopi di Mesir dari tahun 2019 hingga 2021.