• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD NU Kradenan Kabupaten Banyuwangi pada Tema 2 Subtema 3 Menyayangi Tumbuhan

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (2.830Mb)
    Date
    2023-06-19
    Author
    NISA, Cintya Khoirun
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian dengan judul Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar kelas III SD NU Kradenan Kabupaten Banyuwangi pada Tema 2 Subtema 3 Menyayangi Tumbuhan, dilatarbelakangi oleh permasalah aktivitas dan hasil belajar siswa yang tergolong rendah, hal tersebut dibuktikan oleh hasil observasi dan analisis persentase yang masing-masing menunjukkan 40,78%, dan 57,36% untuk aktifitas dan hasil belajar siswa kelas III SD NU Kradenan, oleh karenanya diperlukan sebuah upaya yang dapat mengatasi permasalahan tersebut, dan salah satunya adalah dengan melakukan penerapan model project based learning (PJBL), yang mana berdasarkan beberapa kajian literatur model pembelajaran ini terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, sehingga tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan PJBL, metode yang digunkan pada penelitian ini adalah melakukan penerapan PJBL dengan 2 siklus serta melakukan tes dan analisis persentase, hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus 1 dan dari siklus 1 ke siklus 2 yang jika ditotal terjadi peningkatan masing-masing sebesar 29,9% dan 16,2% pada aktivitas dan hasil belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PJBL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SD NU Kradenan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118542
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15474]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository